Belitung Juara III Kategori Wisata Bahari

by -
Belitung Juara III Wisata Bahari
Piagam Penghargaan, (Foto Ist)

belitongeksrpres.co.id, TANJUNGPANDAN – Belitung meraih penghargaan sebagai juara ketiga untuk kategori Wisata Bahari pada acara anugerah “Trisakti Tourism Award 2019″. Sementara untuk juara pertama diberikan kepada Raja Ampat Papua Barat dan juara kedua kepada Kabupaten Sumbawa.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Belitung, Ir Hermanto mewakili Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta (22/12) tadi malam.

Acara ini digelar oleh DPP PDI Perjuangan Bidang Pariwisata dan dihadiri oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Menteri PPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pariwisata, Wiryanti Sukamdani.

Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie menyambut gembira pencapaian gemilang yang diraih menjelang akhir tahun 2019 di bidang kepariwisataan tersebut. Pihaknya juga bersyukur karena dari banyak nominator, Belitung bisa terpilih menjadi 3 besar terbaik di Indonesia untuk wisata bahari.

Menurut Isyak, pengakuan ini akan menjadi stimulator sekaligus koreksi untuk berbenah dan meningkatkan kepariwisataan Belitung secara menyeluruh. Kedepan Belitung akan terus menjual eco tourism yang berbasis maritim. Tentunya ini juga akan dikombinasikan dengan experience tourism.

Ini sejalan dengan rencana kedepan, Pemerintah Kabupaten Belitung yang bakal mengemas berbagai event untuk meramaikan sekaligus menarik kunjungan wisatawan. Launching Calender of Event Belitung Tourism 2020 telah dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Sabtu (21/12) lalu, di Pantai Wisata Tanjungpendam.

“Jika pada tahun 2019 event pariwisata berjumlah 30 kegiatan, maka tahun 2020 kami mengemas 80 event untuk meramaikan kunjungan wisatawan ke Belitung,” tandas Isyak yang merupakan politisi NasDem. (yud)

Berikut masing-masing juara untuk tiap kategori:

A. Kategori Wisata Bahari:
Pemenang 1 : Kabupaten Raja Ampat
Pemenang 2 : Kabupaten Sumbawa
Pemenang 3 : Kabupaten Belitung

B. Kategori Ekowisata:
Pemenang 1 : Kabupaten Banyuwangi
Pemenang 2 : Kabupaten Kulon Progo
Pemenang 3 : Kota Batu

C. Kategori Wisata Warisan Budaya:
Pemenang 1 : Kabupaten Tabanan
Pemenang 2 : Kabupaten Sumba Barat Daya
Pemenang 3 : Kabupaten Payakumbuh

D. Kategori Wisata Kuliner dan Belanja:
Pemenang 1 : Kota Semarang
Pemenang 2 : Kota Surakarta
Pemenang 3 : Kota Medan

Editor: Yudiansyah