Belitung Masih Kekurangan Energi

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Kesimpulan Dalam Review Rencana Umum Energi Daerah

TANJUNGPANDAN-Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Belitung Hendra Caya MZ memaparkan tiga hal terkait kondisi sumber daya energi di Kabupaten Belitung. Ketiga hal yang ia maksud yakni soal kelistrikan, bahan bakar minyak (BBM) dan konversi minyak tanah.
“Masih kurangnya daya listrik sehingga terjadi manajemen beban bergilir. Jadi itu yang masih menjadi kendala utama di sini (Belitung,red),” ujar Hendra dalam acara review dan pendampingan penyusunan rencana umum energi daerah Kabupaten Belitung Rabu (25/6) sore kemarin, di Hotel BW Suite, Belitung.
Hendra mengatakan, atas kondisi tersebut, pihaknya sudah mengusulkan langsung kepada Presiden RI Joko Widodo terkait kedatangannya di Belitung belum lama ini. Dengan harapan agar usulan PLN 2×100 Megawatt (MW) untuk Kabupaten Belitung segera terwujud.  “Dan sekarang kita sedang menyusun kajian pendirian infrastruktur depo BBM di Belitung. Dan konversi minyak kita sudah lakukan sosialisasi untuk pendataan kembali,” kata Kadis ini.
Kegiatan yang dilaksanakan oleh Sekertariat Jenderal (Setjen) Dewan Energi Nasional (DEN) ini, terang Hendra, yakni bagaimana menyusun review dan pendampingan energi daerah Belitung, bagaimana mengenai kebutuhan listrik, BBM, minyak tanah, energi listrik terbarukan (PLTS).  “Sebab disana ada rencana umum energi Provinsi dan rencana umum energi Nasional,” ujarnya.
Menurut Hendra, kedatangan pihak DEN ke Belitung dinilai merupakan satu langkah kemajuan daerah untuk sebuah terobosan baru khususnya di Kabupaten Belitung.  “Karena itu, pihaknya berharap semoga kegiatan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat Belitung ke depan, terutama mengenai rencana umum energi daerah Belitung,” ucap Hendra.
Sementara itu, dalam kegiatan tersebut hadir Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan energi dan Persidangan Setjen DEN drs Heri Nurzaman MM, Kepala Bagian Fasilitasi Rencana Umum Energi Setjen DEN Yeni, Anggota Badan pengkajian dan Penerpaan Teknologi (BPPT) Joko Santoso dan Cecilya Malik. Selain itu, hadir juga Kepala Bidang Energi Distamben Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs Taufik MT beserta sejumlah SKPD terkait Kabupaten Belitung.(mg2)

Rate this article!
author

Author: