Belitung Pertahankan Sertifikat Eliminasi Malaria

by -

TANJUNGPANDAN-Belitung sedang berupaya menuju Indonesia sehat. Sejauh ini Belitung baru mendapatkan sertifikat eliminasi malaria. Yang artinya tingkat kasus malaria sangat kecil atau bahkan tidak ada.

“Kalau malaria kan kita sudah dapat sertifikat eliminasi bebas. Kita berupaya eliminasi penyakit lain terutama demam berdarah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung dr Suhandri usai acara lomba balita sehat dan sejahtera di Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Senin (31/8) kemarin.
Kasus yang diupayakan eliminasi yaitu malaria, kematian ibu, demam berdarah. Menurut Suhandri caranya harus menggunakan terobosan baru. Sebagaimana diketahui, kata dia, tren demam berdarah beberapa waktu lalu sempat naik.
“Tahun depan kita merubah strategi, mungkin melakukan fogging (pengasapan,Red) sebelum ada kasus. Saya masih pelajari. Ke depan saya pikir tidak perlu ada kasus. Ketika ada curiga saat itu kita lakukan upaya pencegahan,” ujarnya.
Menurut Suhandri, untuk menuju Indonesia sehat tidak ada lain selain peran dari masyarakat. Pencegahan dapat dilakukan dari pola dan prilaku hidup masyarakat.  “Derajat kesehatan suatu daerah sangat dipengaruhi faktor prilaku dan pola hidup,” tukasnya. (ade)