Belitung Segera Zona Hijau, Pasien Positif Covid-19 Tinggal Dua Orang

by -
Belitung Segera Zona Hijau, Pasien Positif Covid-19 Tinggal Dua Orang
Bupati Belitung Sahani Saleh.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kabupaten Belitung segera menuju zona hijau penyebaran Covid-19. Setelah kemarin diinformasikan dua pasien Covid-19 sembuh, maka pada hari ini satu orang lagi kembali dinyatakan sembuh.

Hingga kini pun total pasien yang sembuh dari virus Corona di Kabupaten Belitung sudah 16 orang. Dengan demikian tinggal tersisa dua pasien lagi yang sedang dirawat di RSUD dr H Marsidi Judono.

Kesembuhan pasien 931 berdasarkan hasil pemeriksaan Uji PCR spesimen swab tenggorokan dari Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

“Pasien 931 berinisial MOR, jenis kelamin laki-laki, usia 27 tahun dengan hasil follow up swab negatif dan dinyatakan sembuh,” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Belitung H Sahani Saleh, dalam keterangan tertulisnya Selasa (14/07).

Dikatakan Bupati Belitung, pasien 931 adalah pasien positif Covid-19 ke 8 yang ditemukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung. Pasien 931 mulai dirawat di ruang Isolasi RSUD tanggal 21 Mei 2020 setelah menjalani rapid test pertama dengan hasil reaktif. Pada tanggal 22 Mei 2020 dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan Swab PCR.

“Pasien 931 menjalani perawatan selama 54 hari, dengan rincian 49 hari diisolasi di RSUD dr H Marsidi Judono dan 5 hari diisolasi di SKB,” terang Bupati Belitung yang karib disapa Sanem itu.

Selama diisolasi kata Sanem, kondisi klinis pasien 931 sehat, tidak ditemukan gejala klinis terkait Covid-19. Pasien 931, selama perawatan dilakukan sesuai dengan prosedur perawatan Covid-19. Dan rilis swab PCR follow up terakhir sebanyak 2 kali pemeriksaan didapatkan hasil negatif.

Sanem menambahkan, pasien 931 adalah pasien ke 16 yang sembuh pada RSUD dr H Marsidi Judono. Selanjutnya pasien akan menjalani swaisolasi sesuai dengan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 yang berlaku.

Sampai hari ini, Pusat Deteksi dan Isolasi Covid-19 RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung sedang mengisolasi dan merawat dua pasien Positif Covid-19.

“Tentunya kita senantiasa berdoa semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa memberikan pertolongan dan segera mengangkat penyakit dua pasien Covid-19 yang sekarang masih dirawat agar segera sembuh,” pungkas Sanem. (dod)