Belitung Sehat Harus Didukung Pemerintah

by -

TANJUNGPANDAN- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Belitung Hermanto mengatakan, dalam penetapan awal konsep Forum Belitung Sehat, ada dua kewajiban dasar yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Belitung. Di antaranya, bidang kemandirian masyarakat dan lingkungan yang sehat.
“Dua kewajiban ini harus diutamakan dan didukung oleh pemerintah sebagai basic Belitung sehat,” kata Hermanto dalam rapt forum SKPD tahun 2015 di Ruang Rapat Bappeda, Jumat, kemarin.
Hermanto menjelaskan sektor yang menyangkut tatanan kehidupan masyarakat seperti pariwisata sehat, industri sehat dan lain-lainnya merupakan tatanan yang mesti dilakukan oleh pemerintah daerah.  “Seperti penataan lingkungan, baik melalui pendanaan Kabupaten maupun kegiatan yang lainnya. Semuanya mengarah pada tatanan itu,” jelasnya.
Secara kelembagaan Belitung sehat ini, sebenarnya, kata dia, peran utama yang dipertanggungjawabkan adalah peran masyarakat. “Keberadaan pemerintah daerah hanya sebagai pembina saja. Memfasilitasi hal-hal yang mungkin bisa difasilitasi,” sebut Hermanto.
Namun, inisiatif atau hal-hal yang berkaitan dengan program pembangunan pemerintah daerah, sejatinya berasal dari masyarakat. “Bahkan, dari jajaran kabupaten ada yang namanya forum kabupaten sehat. Itu pusatnya berasal dari kalangan masyarakat semua,” ungkapnya.
Ia menambahkan, di tingkat Kecamatan juga demikian. Ada namanya Forum Kecamatan Sehat. Sampai pada level di bawah kecamatan ada pokja-pokjanya (kelompok kerja-nya, red). (mg2)