Belitung Siaga Banjir!

by -
Belitung Siaga Banjir
Beberapa petugas tampak sedang melakukan pembersihan atas penumpukan sampah di bawah jembatan.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Memasuki musim penghujan Pemerintah Kabupaten Belitung tetapkan siaga banjir. Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Belitung, Azhar, mengatakan, khususnya bidang penanggulangan bencana pihaknya menetapkan status siaga satu untuk banjir dan bencana alam. Hal ini dikarenakan telah memasuki penghujan.

“Kami menetapkan status siaga satu untuk banjir dan bencana alam, karena saat ini telah datangnya musim hujan,” katanya saat ditemui belitongekspres.co.id, setelah mengunjungi beberapa titik rawan banjir bersama Bupati Belitung Sahani Saleh, Senin (02/12) kemarin.

Menurut dia, status siaga satu tersebut diberlakukan selama tiga bulan mendatang, mulai Desember 2019, hingga Februari 2020. Sebab, pada waktu-waktu tersebut curah hujan cukup tinggi.

“Kami menyiagakan personel di bidang penanggulangan bencana dan sarana prasarana evakuasi jika terjadinya bencana banjir dan bencana alam seperti perahu karet yang terbaru,” ujarnya.

Pihaknya juga meningkatkan patroli kebencanaan di Kabupaten Belitung, jika terjadinya hujan dengan intensitas tinggi dan lebih dari satu jam.

“Kami di posko ada yang piket 24 jam. Jadi nanti sistemnya masyarakat yang terkena dampak, bisa melapor ke kami secara cepat. Tapi itu untuk yang tidak terpantau oleh kami, kalau yang terpantau, kami akan langsung bergerak,” paparnya.

Namun kata dia, khusus untuk banjir, apabila hujan tersebut berlangsung selama di atas satu jam, maka secara otomatis petugas penanggulangan bencana akan melakukan pemantauan secara langsung ke lapangan.