Belitung siapkan 50 Hektar

by -

TANJUNGPANDAN-Bupati Belitung Sahani Saleh menyebut Kabupaten Belitung bisa menyiapkan 50 hektar lahan untuk pembangunan Perguruan Tinggi jurusan Kemaritiman maupun istilah Perikanan dan Kelautan. Pernyataan Bupati ini disampaikan pada acara Ukrida National Conference, di BW Suite, Kamis (3/9) kemarin, dengan tema Membangun Daya Saing Perekonomian Daerah Melalui Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Bupati sekaligus menjawab pernyataan Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Prof Dr HM Ahman Sya. Dalam pembangunan pariwisata, perlunya didukung sumber daya manusia (SDM). Karena itu, kata dia diperlukan perguruan tinggi pariwisata dan maritim.
“Pemeritah perlu menyiapkan minimal 20 hektar lahan. Nanti dihibahkan ke kementerian yang penting lahan itu clear an clean,” kata Deputi.
Menurut Sanem, Belitung belum memiliki perguruan tinggi negeri. Saat ini ada beberapa akademi. Meski dulu pernah mengusulkan agar Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Bangka Belitung (UBB) didirikan di Belitung, namun sampai sekarang belum ada kabarnya. “Kalau cuma 20 hektar sih, kami siap 50 hektar untuk perguruan tinggi,” kata Sanem pada acara yang juga dihadiri sejumlah pejabat di SKPD dan Forkominda Kabupaten Belitung.
Deputi menyebut, sudah membangun dua perguruan tinggi pariwisata yang baru di NTT dan Palembang. Dua ini menambah yang sudah ada sebelumnya di Bali, Bandung dan Sulawesi.
Sanem mengatakan, sayang Belitung telat mengusulkan. Namun ketika Deputi menyebut perlu perguruan tinggi maritim, Sanem terlihat mengangguk. “Dulu pernah Belitung mengusulkan fakultas kelautan dan perikanan dibangun di Belitung,” kata Sanem.(ade)