Belitung Terima 800 Vaksin Sinovac, Vaksinasi Masih Prioritaskan Nakes

by -
Belitung Terima 800 Vaksin Sinovac, Vaksinasi Masih Prioritaskan Nakes
800 dosis vaksin Sinovac Covid-19 termin kedua tiba di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Selasa (26/1)

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Sebanyak 800 dosis vaksin Sinovac yang dikirim dari Pangkalpinang tiba di Kabupaten Belitung, Selasa (26/1) kemarin. Vaksin itu dikawal ketat tim pengamanan TNI/Polri dari Bandara H.AS Hanandjoeddin hingga sampai ke Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung.

“Selanjutnya untuk pengamanan vaksin Covid-19 di gudang farmasi Dinkes akan dijaga oleh personil gabungan yang terdiri dari Polres, Brimob, dan unsur TNI yang ada di Belitung,” kata Kabag Ops Polres Belitung Kompol Poltak ST Purba kepada Belitong Ekspres.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono mengatakan, kedatangan sebanyak 800 vaksin Sinovac tersebut merupakan vaksin tahap pertama pengiriman termin kedua.

Joko menjelaskan, untuk pengiriman vaksin termin kedua ini masih diprioritaskan bagi tenaga kesehatan (nakes. Yakni untuk mencukupi kekurangan pada pengiriman yang termin pertama beberapa waktu lalu. “Sebagian tenaga kesehatan di rumah sakit ataupun klinik swasta belum menerima suntik vaksin. Jadi ini untuk mencukupinya,” kata Joko.

Menurutnya, pendistribusian termin kedua ini rencananya akan dilaksanakan Kamis (28/1). Sedangkan untuk pelaksanaan penyuntikan vaksin dilakukan Jumat (29/1). “Vaksin ini akan didistribusikan ke-9 puskesmas. Untuk di Tanjungpandan dipusatkan di 3 tempat yakni Puskesmas Tanjungpandan, Air Saga, dan Perawas,” tukasnya. (kin)