Beltim Akan Punya Asisten III

by -

MANGGAR – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim) untuk segera menambah jumlah asisten di Sekretariat Daerah (Setda) akan segera terwujud. Hal ini dikarenakan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan Ketiga Atas Peraturan Daerah Nomor 16 tahun 2008 mengenai Organisasi dan Tata kerja Sekretaris Daerah Kabupaten Beltim dan Sekretariat DPRD Kabupaten Beltim telah disetujui oleh DPRD Beltim.

Penambahan jumlah asisten ini dianggap penting mengingat beban kerja yang ada Setda Beltim kian bertambah.

“Penambahan asisten ini sangat urgen atau mendesak. Dengan bertambahnya satu asisten akan membuat koordinasi baik antar bagian di Setda atau pun satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akan lebih mudah. Jika selama ini kita hanya mempunyai dua asisten yang membawahi 7 bagian dan puluhan SKPD maka dengan adanya asisten III ini akan membuat beban kerja asisten yang jadi berkurang memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Kepala Bagian Organisasi Setda, Bani Machtum, Rabu (18/3).

Untuk pembagian kerja nantinya, Bani menjelaskan, Asisten I Bidang  Pemerintahan akan membawahi Bagian Tata Pemerintahan, Hukum, dan Organisasi.  Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) akan membawahi Bagian Ekonomi Pembangunan dan Kesra. Sedangkan Asisten III Bidang Administrasi Umum akan membawahi Bagian Umum dan Perelengkapan serta Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol.

“Setelah Perda disahkan, kita akan membuat Peraturan Bupati (Perbup) untuk membagi kewenangan asisten terhadap bagian di Setda dan SKPD. Barulah nanti, kita tunggu jika ada calon SDM yang mumpuni untuk posisi ini dan sesuai kebijakan Bupati jabatan asisten III akan ini dilelang,” ungkap Bani.

Bani menekankan Kabupaten Beltim merupakan satu-satu kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung yang belum mempunyai Asisten III.

“Selama berdirinya Kabupaten Beltim hingga saat ini, inilah baru kali ini kita mempunyai Asisten III. Mayoritas kabupaten/kota di Indonesia ini sudah punya tiga asisten. Malah di  Provinsi Babel, kita satunya kabupaten yang terlambat punya asisten III,” ujar Bani.

Selain menambah jumlah asisten, Perda SOTK juga nantinya akan mengakomodir penambahan Bagian Keuangan di Sekretariat DPRD Beltim. Hal ini untuk membuat pelayanan keuangan kepada anggota DPRD, tandasnya. (feb)