Beltim Jajaki Fasilitas Kesehatan Cuci Darah

by -
Beltim Jajaki Fasilitas Kesehatan Cuci Darah
Bupati Beltim, Burhanudin.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Fasilitas kesehatan yang lengkap merupakan upaya pemenuhan kebutuhan dasar kesehatan yang menjadi urusan wajib di daerah. Untuk itulah, baru-baru ini Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) telah menjajaki ketersediaan fasilitas Hemodelisa (HD) atau cuci darah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Beltim Burhanudin ketika ditemui Belitong Ekspres, Senin (3/15) kemarin. Dikatakan Aan, dirinya telah bertemu dengan Ketua Asosiasi Pelaksana Hemodelisa di Palembang, awal pekan lalu.

“Kalau untuk persiapan program Hemodelisa atau HD, itu akan segera dilakukan kerjasama dengan pihak ketiga. Karena semuanya kan KSO sembari kita menyiapkan juga administrasi secara aturan yang berlaku. Kita sudah bertemu di Palembang dengan Ketua asosiasi pelaksanaan cuci darah,” paparnya.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Beltim yang karib disapa Aan mengatakan rencana penyediaan fasilitas HD disambut positif. Bahkan, sebagai bukti keseriusan akan diawali dengan kunjungan pihak asosiasi ke Beltim.

“Kondisi kita saat ini, masyarakat banyak pasien-pasien yang mengalami cuci darah dan mereka harus ke Tanjungpandan. Karena itu melalui kerjasama ini, secara otomatis bisa dilayani sendiri dan tidak perlu lagi ke Tanjungpandan,” harapnya.

Jika tidak aral melintang, fasilitas HD akan tersedia di RSUD Belitung Timur pada bulan Mei atau Juni 2021. “Ini juga permintaan masyarakat pada waktu kami diskusi dengan masyarakat,” tutup Aan. (msi)