Beltim Kembali ke Zona Hijau, Pasien Covid-19 Sudah Sembuh

by -
Beltim Kembali ke Zona Hijau, Pasien Covid-19 Sudah Sembuh
Bupati Beltim Yuslih Ihza.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (TGPPC) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Yuslih Ihza menyatakan bahwa 1 pasien positif Covid-19 inisial TF jenis kelamin perempuan umur 31 tahun, sudah sembuh.

Dalam pers rilisnya, Yuslih menjelaskan, pemeriksaan terhadap hasil uji swab terhadap ketiga pasien OTG di Kabupaten Beltim. Pada tanggal 30 Juni dan 1 Juli 2020, Tim Satgas Covid-19 RSUD Belitung Timur mengambil uji swab untuk 2 orang yang reaktif, dan juga 1 orang positif Covid-19 untuk menjalani follow up.

“Pada tanggal 2 Juli 2020 Ialu, 1 orang positif ini dinyatakan sembuh oleh Tim Satgas Covid-19 RSUD Belitung Timur. Dan menjalani isolasi di Puskesmas Manggar di bawah pengawasan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur, serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung Timur,” beber Yuslih Ihza dalam rilisnya, Ahad (12/7).

Kemudian, Minggu, tanggal 10 Juli 2020, TGPPC Beltim baru mendapatkan surat resmi dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan RI tentang hasil uji swab dengan menggunakan metode real-time RT-PCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction). Dengan hasil N (37) negatif Covid-19, MT (36) négatif Covid-19, dan TF (31) negatif Covid-19. Dan TF dinyakatan sembuh dari covid-19.

“Berdasarkan surat tersebut maka kami simpulkan bahwa 2 orang yang reaktif dinyatakan negatif Covid-19, dan 1 orang pasien positif Covid-19 pada hari ini dinyatakan sembuh,” ulas Yuslih yang juga Bupati Beltim.

Dengan hasil tersebut diatas, berarti di Kabupaten Beltim sudah tidak ada lagi pasien positif Covid-19. Hal ini merupakan kabar yang menggembirakan bagi masyarakat Beltim.

“Namun demikian kami tak henti-hentinya mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Belitung Timur, untuk senantiasa menjalankan protokol kesehatan diantaranya jangan lupa untuk memakai masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak dan jangan suka berdiam ditempat keramaian,” tandasnya. (dny)