Beltim Mulai Persiapkan Diri Jadi Tuan Rumah MTQ Provinsi

by -
Beltim Mulai Persiapkan Diri Jadi Tuan Rumah MTQ Provinsi
Kepala Bagian Kesra Setda Beltim, Sarjana.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Kabupaten Beltim akan menjadi tuan rumah perhelatan MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan dilaksanakan pada bulan April mendatang. Sejumlah persiapan mulai dimatangkan Pemerintah daerah guna menyambut seluruh Kafilah Kabupaten/Kota se Bangka Belitung.

Menyadari pentingnya kesuksesan penyelenggaraan tersebut, tentu peran serta masyarakat juga tidak bisa diabaikan. Terlebih mampu menunjukkan keramahan sebagai tuan rumah yang baik. “Tentunya dengan even ini, membutuhkan dukungan masyarakat,” ujar Kepala Bagian Kesra Setda Beltim, Sarjana, saat ditemui Belitong Ekspres, Kamis (23/1/2020).

Menurut Sarjana, perkiraan sementara tiap-tiap kafilah akan mencapai 60 orang yang terdiri dari qori qoriah dan pendamping. Nantinya setiap kafilah akan ditempatkan tidak jauh dari lokasi pelaksanaan MTQ.

Selain persiapan menyambut kafilah, Pemerintah daerah Kabupaten Beltim juga telah menyampaikan himbauan kepada seluruh kecamatan agar segera melaksanakan seleksi. Paling lambat pertengahan bulan Februari sudah selesai tahap seleksi kecamatan.

“Sekarang kami mengharapkan kepada seluruh Kecamatan untuk segera melakukan seleksi di tingkat Kecamatan. Awal Februari, dan rencananya minggu kedua bulan Maret akan kita lanjutkan di tingkat Kabupaten,” ujar Sarjana.

Selanjutnya kafilah Kabupaten Beltim nantinya akan membawa para pemenang tingkat Kabupaten untuk bersaing dengan kafilah Kabupaten/Kota lainnya. “Pemenang-pemenang Kabupaten akan kita ikutsertakan di tingkat Provinsi yang rencanakanya akan dilaksanakan minggu kedua April. Berkisar antara 60 orang qori qoriah,” kata Sarjana.

“Kita berharap tidak hanya sukses penyelengaraan tapi kita bisa menghasilkan qori qoriah yang akan kita ikutkan hingga ke nasional,” tukasnya.

Editor: Subrata
Reporter: Muchlis Ilham