Beltim Raih Dua Penghargaan Sekaligus

by -
Beltim Raih Dua Penghargaan Sekaligus
Bupati saat berfoto seusai menerima penghargaan untuk kategori Ketepatan Alokasi Bidang Kesehatan dari COO Katadata.

Kebijakan Pro Rakyat Kecil Berbuah Hasil

Bupati Beltim Yuslih Ihza mengaku sangat senang dapat memperoleh penghargaan dari Katadata, apalagi bisa sampai mendapatkan dua penghargaan. Diakuinya ia tak menyangka sebelumnya inovasi dan kinerja Pemkab Beltim di bidang kesehatan dan pendidikan yang pro masyarakat kecil berbuah hasil.

“Alhamdulillah senang. Aku gak nyangka bisa dapat dua, aku aja baru tahu pas akhir-akhir waktu nerima surat,” kata Yuslih berseri-seri.

Adanya penghargaan menurut Yuslih akan membuat inovasi layanan dan kreatifitas pengelolaan APBD meningkat. Bukan hanya di Bidang Kesehatan dan Pendidikan, ke depan ia pun akan memprioritaskan APBD untuk menghasilkan aset bagi daerah.

“Seperti yang Pak Wamen Keuangan sampaikan tadi, yakni bagaimana APBD bisa menghasilkan aset. Bukan hanya aset fisik namun juga aset pembangunan manusia. Aset-aset inilah yang nanti dapat diturunkan dari generasi ke generasi,” ujar Yuslih.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Bayu Priambodo, melalui Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pendanaan Irvan Jauhari menambahkan Kabupaten Beltim memperoleh penghargaan di bidang pendidikan lantaran anggaran pendidikan yang mencapai 25 persen lebih dari APBD. Selain itu pula, program beasiswa untuk perguruan tinggi bagi putra-putri daerah juga dinilai sangat bermanfaat.

“Keunggulan kita karena kita memberikan beasiswa kepada anak-anak didik kita lulusan SMA atau SMK. Setiap tahun sejak tahun 2012 kita memberikan beasiswa Rp 5 – 6 milyar setahun untuk beasiswa,” ungkap Irvan.

Terkait penghargaan untuk bidang Kesehatan, kata Irvan hal itu diperoleh sebab alokasi anggaran kesehatan sudah jauh melampaui target pemerintah pusat, yakni 10 persen untuk kesehatan. Bahkan khusus untuk anggaran BPJS kesehatan bagi masyarakat kurang mampu dari tahun ke tahun terus meningkat.