Beltim Relatif Aman dari Banjir

by -

MANGGAR – Kabupaten Belitung Timur (Beltim), dikatakan relatif dan aman dari banjir meski saat ini curah hujan sudah sudah cukup tinggi. Ada sejumlah faktor yang bisa membuat Beltim tak merasakan dampak yang sama seperti di sejumlah titik di Pulau Bangka. Faktor-faktor tersebut di antaranya adalah curah hujan dan pembangunan drainase baru yang dilakukan pada 2015 lalu.

 

Hal ini disampaikan Pembina Tagana Beltim, Jasnandi kepada Belitong Eskpres, Rabu (10/2) kemarin, pasca Pulau Bangka yang mengalami bencana banjir yang cukup memprihatinkan.

 

“Kita di sini (Beltim,red) bisa dikatakan relatif aman dari banjir. Diketahui memang, Selasa (9/2) kemarin, adalah ketinggian pasang tertinggi, namun hal ini tidak begitu berpengaruh,” ungkap pria yang akrab disapa Pak Jek.

 

Meski demikian, sejauh ini, pihaknya tetap siaga memantau kondisi terkini cuaca di wilayah atas kemungkinan bencana banjir yang datang. Ia pun menghimbau kepada warga untuk tetap waspada bahaya petir di musim penghujan saat ini.
“Kami tetap warning. Kawan-kawan (Tagana,red) saat ini mereka menyebar di setiap Kecamatan di Beltim. Jadi sifatnya mobile dan lebih memudahkan jika ada titik-titik rawan banjir di setiap daerah, dan tentunya akan lebih cepat menginformasikannya,” terangnya. (feb)