Beltim Tambah 3 Kasus Covid-19, Suami Istri  PNS dan Murid SD Tertular

by -
Beltim Tambah 3 Kasus Covid-19, Suami Istri  PNS dan Murid SD Tertular
Sekda Beltim, Ikhwan Fahrozi

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Pemerintah Kabupaten Beltim kembali menginformasikan penambahan 3 pasien yang terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19. Ketiganya positif terpapar Corona berdasarkan hasil Swab PCR Labkesda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Labkesda Provinsi Babel sebelumnya telah melakukan uji PCR spesimen swab tenggorokan terhadap 77 orang warga Beltim, pada tanggal 25 dan 26 November 2020. Dari 20 orang yang keluar hasil, 3 diantaranya terkonfirmasi positif Covid-19. Yaitu, pasien inisal KA perempuan (9), YAS laki-laki (53) dan pasien inisial K perempuan (53).

“Pasien KA merupakan hasil tracking dari pasien positif Covid-19 sebelumnya dan merupakan anak dari pasien Ny J, yang beralamat di Desa Nyuruk. Yang bersangkutan merupakan murid dari salah satu SDN di Kecamatan Dendang,” kata Sekda Beltim Ikhwan Fahrozi dalam siaran pers, Ahad (29/11) kemarin.

Kemudian, Ny K adalah PNS salah satu SMP Negeri di Kecamatan Damar. Tn YAS dan Ny K merupakan pasangan suami istri yang memiliki riwayat perjalanan dari Bengkulu kurang lebih 2 minggu lalu. Mereka melakukan kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Belitung.

“Tn YAS mengalami gejala ringan, berupa sakit tenggorokan. Dan Ny K juga mengalami gejala ringan yaitu demam. Suami istri itu beralamat di Desa Sukamandi. Dengan bertambahnya 3 pasien ini, maka di Kabupaten Beltim jumlah keseluruhan yang terkonfirmasi positif Covid-19 sampai saat ini berjumlah 24 orang,” jelasnya.

Selain penambahan 3 pasien Covid-19, Ikhwan juga menyampaikan pada hari ini (kemarin) ada 5 orang yang sudah menyelesaikan masa isolasinya. Sehingga ke-5 pasien Covid-19 tersebut sudah dapat beraktifitas kembali seperti biasa, yang tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Ke-5 orang ini adalah Tn TH dan Tn OH yang beralamat di Desa Pembaharuan, Kecamatan Kelapa Kampit. Kemudian, Tn H dan Ny EH yang beralamat di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, serta Tn S yang beralamat di Desa Nyuruk, Kecamatan Dendang,” terang Sekda Beltim.

“Jadi, data yang kami peroleh pada hari ini (kemarin) untuk total keseluruhan pasien Covid-19 di Kabupaten Beltim yang sudah dinyatakan sembuh adalah sebanyak 19 orang dan 5 orang lainnya masih menjalani isolasi,” imbuh Ikhwan.

Dalam siaran pers-nya, Sekda Beltim juga kembali menghimbau agar menjadi perhatian bersama untuk saling menjaga dan menjalankan protokol kesehatan. “Jangan menganggap remeh virus ini, setiap orang tidak memiliki kekebalan tubuh yang sama, jagalah diri dan keluarga anda,” tukasnya.

Bagi siapa saja yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19, diharapkan segera melaporkan diri ke Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Beltim atau pusat kesehatan masyarakat lainnya.

“Tak henti-hentinya kami ingatkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Beltim agar selalu menerapkan Protokol Kesehatan dimanapun anda berada. Yaitu, selalu memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, jaga jarak dan jauhi tempat keramaian serta makan-makanan yang sehat dan bergizi,” tandasnya. (dny)