Belum Pastikan Penerimaan CPNS

by -

MANGGAR – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) belum memastikan adanya penerimaan CPNS tahun 2015. Meski demikian, persyaratan analisis jabatan dan analisis beban kerja telah selesai dilaksanakan.

“Anjab ABK sudah selesai 100 persen. Apakah ada penerimaan cpns kita menunggu Kemenpan. Katanya akan diundang rapat, rencananya tanggal 30 juli tapi sampai sekarang belum ada,” ungkap Kepala BKD Beltim, Erna Kunondo, saat ditemui harian ini di ruang kerjanya, Selasa (11/8) kemarin.

Menurut Erna, meski kepastian penerimaan CPNS belum diterima dari Kemenpan, pihaknya tetap menyediakan anggaran penerimaan CPNS dalam APBD 2015. Hanya saja, ia mengakui cukup ketar ketir mengingat anggaran yang tidak digunakan bisa menjadi sisa anggaran.

“Ada dianggarkan Rp.400 juta atau Rp.500 juta dalam APBD. Tetapi coba bayangkan kalau tidak jadi, akan jadi silpa. Memang bisa dijelaskan, tetapi itu berpengaruh pada pencapaian kinerja kami di BKD,” sebut Erna.

Erna mengatakan, setiap tahunnya, BKD selalu memasukkan anggaran penerimaan CPNS dalam anggaran induk. Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada penerimaan CPNS.

“Tetap dianggarkan dalam anggaran induk. Tidak bisa memunculkan anggaran baru di ABT, jadi tetap kita masukan dalam anggaran induk. Kalau soal penerimaan CPNS, itu semua dari sana (Kemenpan), bukan dari kita,” jelas Erna.

Sesuai kebutuhan, Kabupaten Beltim masih kekurangan tenaga pendidik dan kesehatan. Seiring bertambahnya akses kesehatan dan jumlah sekolah baru, kebutuhan tenaga pendidik dan kesehatan juga harus diperbanyak.

“Tenaga pendidikan dan kesehatan tetap yang paling banyak dibutuhkan. Kita (BKD) tergantung pusat,” tandasnya. (feb)