Belum Semua UMKM Miliki Izin

by -

PANGKALPINANG – Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengakui 291.000 UMKM belum semua memiliki izin. Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Kepala Diskop dan UMKM Babel, Hasanuddin. “jumlah UMKM di Babel ada 291.000, memang rata-rata belum memiliki izin,” ujar Hasanuddin saat ditemui di ruang kerja, Rabu (6/1) kemarin.
Padahal menurutnya untuk mendapatkan perizinan tidaklah sulit. Pemerintah, dijelaskan kembali oleh Hasanuddin telah memberikan jalan yang lebih mudah agar pelaku UMKM dapat memperoleh perizinan, sehingga usaha mereka terdaftar. “Dalam pembuatan surat perizinan tidak dipersulit,” tegasnya.
“Para pelaku UMKM cukup datang ke Dinas Koperasi dan UMKM dengan membawakan syarat-syarat berupa fotocopy identitas diri dan kartu keluarga serta mengisi form pengajuan. Selanjutnya diteruskan ke camat yang akan mengurus,  perkiraan waktu sekitar 3 hari selesai dengan syarat-syarat berupa fotocopy-an data diri dan tanpa dipungut biaya,” terang Hasanuddin.
UMKM pada tahun 2015 diungkapkannya mengalami peningkatan sekitar 2-3%, dan pada tahun 2016 ini UMKM baru ditargetkan 3%. menurutnya kedepan diharapkan setiap kabupaten memiliki galeri dan produk kuliner dan terpajang di galeri tersebut, karena galeri Bangka pada saat ini belum terintegrasi dan masih terpisah.
Ia menambahkan keberadaan hotel juga dapat mendukung dalam mempromosikan kepada tamu sehingga jika ada tamu yang berminat dapat langsung mendatangi galeri ini. “Kita harapkan juga pihak hotel juga membuka galeri dengan memajang barang-barang produk UMKM lokal,” tandasnya.(cr65)