Berharap Hujan dan Angin Sapu Asap

by -

*Bandara Kembali Normal, Sempat Ada Keterlambatan

TANJUNGPANDAN- Hujan deras disertai angin kencang yang Kamis (29/10), kemarin diharapkan menjadi tanda nyata masuknya musim hujan. Jadi, dalam beberapa hari ini dan selanjutnya, hujan diharapkan turun secara intensif , sehingga mampu mengurangi kabut asap yang mengganggu penerbangan secara umum di tanah air, termasuk di Pulau Belitong. Sebab, Bandara Buluhtumbang ini sempat lumpun total pada Rabu (28/10) dengan kondisi semua penerbangan dibatalkan.

Meski hujan yang turun kemarin terjadi di siang hari bahkan menjelang sore, namun, penerbangan di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan terbilang berjalan lancar. Semua penerbangan berjalan sesuai jadwal. Hanya saja, untuk jadwal penerbangan pagi yakni Citilink dan Sriwijaya rute Jakarta-Tanjungpandan dan sebaliknya, sedikit mengalami keterlambatan.

Pantauan Belitong Ekspres di Bandara HAS Hanandjoeddin Kamis kemarin, terlihat seluruh penerbangan dari Jakarta dan Pangkal Pinang menuju Tanjungpandan dan sebaliknya tidak mengalami kendala. Keterlambatan pada pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB dikarenakan jarak pandang (visibility) udara Belitung sekitar 200 meter.

Kasi Teknik dan Operasional Bandar Udara HAS Hanandjoeddin Nanang kepada Belitong Ekspres mengatakan, start penerbangan di Belitung dimulai sejak pukul 09.00 WIB pesawat perdana yang mendarat adalah Citilink dan disusul Sriwijaya.

“Seluruh penerbangan di Belitung lancar. Kendala awal disebabkan cuaca. Nyaris kedua penerbangan ini, membatalkan untuk mendarat ke Belitung, lantaran di bawah pukul 09.00 WIB jarak pandang tidak stabil,” ujar Nanang, kemarin.

Dijelaskan Nanang, saat memasuki pukul 08.00 WIB kondisi lalu lintas udara lumayan membaik. Sebab, dari jarak pandan 200 meter menjadi 1000 meter dan akhirnya memasuki jarak pandang normal saat pukul 08.30 WIB.

“Sedangkan untuk penerbangan di atas pukul 09.00 WIB semua berjalan normal. Bahkan, saat menginjak diatas pukul 12.00 WIB jarak pandang menjadi cerah lantaran Belitung, khususnya di Kawasan Bandara, di guyur hujan,” katanya.

Namun demikian, Nanang belum bisa memastikan kondisi cuaca di Belitung pada Jumat besok apakah hujan akan kembali turun. Sebab, kondisi asap di Kalimantan dan Sumatera masih terpantau pekat. Dirinya, berharap Belitung terus di guyur hujan sehingga kondisi cerah seperti saat ini (kemarin,Red) bertahan lama.

“Kemungkinan kondisi cerah ini bertahan. Sebab, di beberapa lokasi titik api yakni di Kalimantan dan Sumatera masih pekat dan kawasan tersebut belum di guyur hujan,”kata Nanang di ruang kerjanya.

“Ya, kita berharap saja besok dan lusa turun hujan. Sebab, yang dapat menghilangkan asap adalah angin dan hujan,” sambungnya.(kin)