Berhasil Bawa Pulang 15 Medali

by -

MANGGAR – Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menorehkan prestasi membanggakan di ajang festival Formi III, pada 7 – 12 Oktober 2015, di lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali. Formi Beltim berhasil membawa pulang sebanyak 15 medali.

Ketua kontingen Formi Beltim, Humroch mengatakan, pencapaian Formi Beltim memang di luar ekspektasi awal. Dari menargetkan keikutsertaan, atlet Beltim ternyata mampu bersaing dengan atlet daerah lain.

“Kita dapat medali 3 medali emas, masing-masing di cabang beripat, gasing dan engrang. Selain itu, kita juga mendapat 9 medali perak dan 3 perunggu. Kita hanya kalah dari Papua yang menempati urutan pertama perolehan medali,” ungkap Humroch usai melaporkan hasil keikutsertaan Formi Beltim kepada Bupati Beltim, Kamis (23/10).

Humroch mengatakan, keberhasilan atlet Beltim membuat Formi Nasional mempercayakan Formi Beltim mengirimkan atlet pada ajang kompetisi bertaraf internasional pada bulan Oktober 2016. Rencananya, kompetisi akan diikuti berbagai negara yang memiliki permainan tradisional sejenis.

“Secara Nasional Formi Kabupaten Beltim Provinsi Babel peringkat 2 dibawah Papua. Padahal ini keikutsertaan pertama dan hanya membawa 25 orang atlet dengan official. Atas keberhasilan tersebut, atlet peraih medali emas kita, akan mewakili Indonesia diajang Tapisa, yaitu organisasi olahraga tradisional antar negara,” jelas Humroch.

Selain itu, Formi Nasional meminta kesediaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi tuan rumah bagi sejumlah negara peserta Tapisa.
“Kita diminta menyambut mereka sebagai tamu di Bangka Belitung, mungkin sekitar 7 atau 8 negara. Kita akan ajak berjalan-jalan ke objek wisata yang ada di Bangka Belitung, dan akan kita bawa ke Beltim,” ujarnya.

Sebelumnya, kontingen atlet Formi Beltim mengikuti Kegiatan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) III yang berlangsung di lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali.

Dari 34 cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan di FORNAS III Bali, Kabupaten Beltim akan ikut dalam tiga cabor, yakni Lomba Barongsai Putra-Putri, Lomba Bakiak, Enggrang, dan Hadang Putri, serta Lomba Atraksi Permainan Gasing dan Beripat. (feb)