Beri Kuliah Umum Dihadapan Mahasiswa

Dayat Beber Rahasia Sukses

PANGKALPINANG – Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Bangka Belitung (Babel), Hidayat Arsani memberi kuliah umum di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pertiba Pangkalpinang, Rabu (2/9) pagi. Dalam kesempatan tersebut, Dayat sapaan akrab Hidayat Arsani menekankan kepada mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan.
Guna menyakinkan mahasiswa terkait keberhasilan menjadi seorang wirausahawan, Dayat mencontohkan bagaimana perjalanan hidupnya hingga bisa mengumpulkan pundi-pundi uang hingga sukses dengan jiwa wirausahanya.
Dayat yang sempat menempuh pendidikan Strata satu (S-1), menegaskan setiap diri manusia pasti bisa menjadi seorang wirausahaan yang sukses, asalkan memiliki kemauan yang kuat serta usaha untuk mecapai tujuan sesuai cita-cita.
“Saya punya tiga konsep hidup dalam menjalani kehidupan diantaranya sehat, pinter dan iman, jika tiga konsep ini ada dalam hidup anda maka sukses lah anda,” tegas Dayat.
Saking berhasilnya Dayat mengembangkan potensi dirinya sebagai seorang usahawan, dia punya kantor di Tiongkok. Itu katanya menjadi tolak ukur kehebatnya dalam berdagang. “Orang berdagang kalau belum ke Cina jangan ngaku hebat, makanya saya punya kantor di Cina,” ungkap Dayat.
Dalam mengembangkan usaha, terangnya dihadapan puluhan mahasiswa, pasti akan menghadapi masalah, namun dengan itulah seorang dapat belajar untuk berbenah dan meraih sukses. Dia pun tak segan menceritakan bagimana ia pernah dihina seseorang saat dirinya berusaha mengumpulkan rupiah demi merubah hidup, akan tetapi diakuinya hal itu bukanlah buruk baginya, bahkan dengan hinaan itu Dayat mendapatkan ilmu paling berharga.
“Penghinaan itu lah ilmu yang terbaik dalam hidup, karena suatu saat dia akan tau siap dia. Jangan sekali di hina orang kita sudah patah hati,” tegasnya.
Ketua STIE Pertiba, Wargianto menjelaskan, banyak hal kecil yang tidak dilihat, namun sangat berpotensi untuk dikembangkan yang kemudian bisa meningkatkan ekomoni masyarakat. Sepertinya kata dia, pengembangan pohon aren yang dikatakan Dayat saat memberikan materi kuliahnya.
“Kami selama dua bulan ini ada kegiatan pengembangan akademik bagi dosen dan mahasiswa. Untuk mahasiswa kita sudah berusaha membentuk karakter bangsa dalam diri mereka dan hari ini (kemarin,red) kami mengundang Pak Dayat, karena selain Wagub dia praktisi ekonomi juga. Agar mahasiswa kami punya wawasan,” jelas Wargianto.
Kegiatan seperti yang mereka lakukan kemarin, kata ketua STIE Pertiba periode 2015-2020 ini, akan terus dilaksanakan dengan mengundang Walikota dan Bupati-bupati di Babel. “Walikota dan Bupati Bangka, juga akan kita undang untuk memberikan pencerahan, supaya mereka siap menghadapi perekonomian kita kedepa. Kami juga akan mengundang seluruh pimpinan daerah lainnya, selepas Pilkada serentak ini,” ujarnya.
“Dia (Dayat,red) akan membantu kalau ada yang berniat mau melakukan pembibitan, karena kalau pinjem uang dari Bank agak rumit. Nah Pak Dayat tadi saya lihat mendorongkan harus menerapkan ekomoni gotong royong atau ekomoni kekeluargaan,” tukasnya. (tya)

RajaBackLink.com

Baca Juga:  Sambut Ramadan, Molen Pawai Ta'ruf Bareng Warga
Rate this article!
Tags:
author

Author: