Berkas Caleg Perindo Akan Dilimpahkan ke Pengadilan

by -

* Sidang Direncanakan Pekan Depan

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung, akan melimpahkan berkas caleg Perindo Mustar dan tim suksesnya Muhammad, ke Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpandan, Senin (18/3). Berkas perkara keduanya sudah siap disidangkan.

Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Kejari Belitung Afridel mengatakan, Jumat lalu pihaknya sudah menerima berkas dan tersangka serta sejumlah barang bukti, dari penyidik Sentra Gakkumdu Belitung.

Mustar yang merupakan caleg DPRD Provinsi bersama tim suksesnya ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana pemilu. Keduanya diduga menyebarkan surat visi, misi dan citra caleg di lingkungan sekolah Kecamatan Selat Nasik.

Untuk berkas keduanya kini sudah dinilai lengkap sesuai petunjuk dari jaksa. Sedangkan tersangka tidak dilakukan penahanan. Sebab, ancaman hukumannya di bawah empat tahun. Meski begitu, jajarannya sudah melakukan pemeriksaan.

“Untuk barang bukti berupa selebaran sudah kita amankan. Kami juga sudah memeriksa langsung dari keterangan tersangka, yang pada saat itu didampingi oleh penasehat hukumnya,” kata Afridel kepada Belitong Ekspres, Minggu kemarin.

Dalam kasus ini, Sentra Gakkumdu menyangkakan pelaku dengan Pasal 521 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu), Junto Pasal 280 Ayat 1 Huruf H dan J, Junto 280 Huruf H Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017, tentang Pemilihan Umum Junto Pasal 55 KUHP.

“Ancaman hukumannya dua tahun penjara. Rencana besok (Senin,red) kita akan serahkan berkas ke Pengadilan Negeri Tanjungpandan. Kemungkinan, pekan depan sudah mulai sidang,” ungkap Afridel.

Sementara itu, Juru Bicara Pengadilan Negeri Tanjungpandan Andi Bayu Mandala Putera mengatakan, dirinya masih belum mendapat kabar rencana pelimpahan berkas dari kejaksaan ke PN Tanjungpandan.

Dia mengaku sudah mendengar adanya kasus tindak pidana pemilu, yang saat ini sedang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Belitung. “Saya sudah mengetahui dari media adanya kasus ini. Untuk berkas kita masih belum menerima dari kejaksaan,”kata Andi Bayu.

Diberitakan sebelumnya, Sentra Gakkumdu Kabupaten Belitung, telah menetapkan Mustar caleg DPRD Provinsi Babel, dan tim suksesnya Muhammad, sebagai tersangka dugaan tindak pidana pemilu.

Keduanya diduga melakukan penyebaran surat visi, misi dan citra caleg yang bersangkutan di lingkungan sekolah yang ada di Kecamatan Selat Nasik. Sehingga Sentra Gakkumdu menaikkan kasus tersebut. (kin)