Berlian Miliki Dana Kampanye Terbesar

by -

*Paslon Bertagline SATAM, Miliki Dana Kampanye Terkecil

MANGGAR – Tiga pasangan calon (Paslon) peserta Pilkada Belitung Timur (Beltim), resmi melaporkan dana kampanye tahap kedua ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur (Beltim), Jumat (16/10) pekan lalu.

Dari laporan yang diterima KPU Beltim, Paslon Yuslih-Burhanudin (Aan), memilik dana kampanye terbesar dibandingan paslon Usmandi Andeska-Musdiana dan Basuri T Purnama dan Fezzi Oktolseja. Paslon yang bertagline Berlian ini, memiliki dana kampanye sebesar Rp. 650 juta.

Pada tahap pertama paslon bernomor urut 1 hanya dana kampanye Rp.10 juta dengan saldo akhir sebesar Rp.1 juta. Sumbangan terbesar di tahap dua, Berlian menerimaa badan hukum swasta (Izha dan Izha Firm) sebesar Rp.500 juta, dan dari kantong Yuslih-Aan, masing Rp 50juta. Sementara sumbangan perseorang dari Koko Haryanto Rp. 50 juta.

“Kami sudah menyerahkan dan melaporkan dana kampanye tahap kedua. Dan kami melaporkan sesuai dengan apa yang kami dapatkan, hingga kini dana kampanye yang masuk ke Kami sebesar Rp.650 juta,” terang Ketua Pemenangan tim Berlian, Koko Haryanto, kepada Belitong Ekspres, Sabtu (18/10) pekan lalu.

Sementara untuk paslon bernomor urut 3 adalah paslon Basuri T Purnama-Fezzy Uktolseja memiliki dana kampanye terbesar kedua. Paslon berjargon BAJA ini, mempunyai dana kampanye Rp. 150.500.000. Dengan rincian laporan tahan pertama, Rp. 100 juta dan tahap kedua Rp. 50 juta.

Dalam tahap pertama, Basuri maupun Fezzy menyumbang masing-masing Rp 50 juta. Sedangkan di tahap kedua, pasangan yang diusung Partai Nasdem dan PDIP, menerima sumbangan dari Gubernur DKI Jakarta, Basuki Purnama (Ahok), yang tak lain kakak kandung Basuri, sebesar Rp. 50 juta.

Terakhir, pasangan nomor urut 2 Usmandi Andeska-Musdiana, memiliki dana kampanye paling terkecil, hanya sebesar Rp 35 juta. Laporan dana kampanye paslon bertagline SATAM, tahap pertama sebesar Rp 15 juta, dengan saldo akhir Rp. 5 juta. Untuk tahap kedua Andeska menambahkan dana kampanye sebesar Rp 30 juta, dari kantong pribadinya.

Ketua KPUD Beltim, Pirmawan, melalui Komisioner KPU Beltim Divisi Hukum, Pengawasan Pemilu, dan Kampanye Arpan Arbaie, mengatakan, dari tiga paslon peserta pilkada Beltim tidak ada yang terlambat menyerahkan laporan dana kampanye tahap kedua.

“Semua paslon sudah melaporkan dana kampanyenya pada Jumat (16/10), yang merupakan batas akhir penyerahan untuk tahap kedua. Tinggal, untuk laporan dana kampanye yang terakhir (tahap tiga) pada tanggal 6 Desember nanti,” ungkap Arpan.

Arpan menambahkan, paslon nomor urut 1  (Berlian) adalah paslon yang terakhir menyampaikan laporan dana kampanye tahap kedua. Laporan diterima KPU Beltim pada pukul 16.30 WIB, Jumat (16/10).

“Jumlah anggaran kampanye masing-masing paslon akan terus berubah, sampai tahap akhir nanti, yang merupakan tahap penentuan besaran dana kampanye. Hal itu sudah disesuaikan dan tertuang pada PKPU No 8/2015, tentang dana kampanye,” tandas Arpan. (feb/yud)