bersama di ruang kerja bupati. Jokowi Akan Hadiri Launching Sideka

by -12 views

*Lihat Implementasi UU No.6 2014, Tentang Desa

Bupati Beltim dan Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary saat berfoto bersama di ruang kerja bupati

 

Bupati Beltim dan Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary saat berfoto

MANGGAR – Desa Lenggang di Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur (Beltim) saat ini sedang bersiap untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Sideka). Kegiatan yang dijadwalkan akan berlangsung pada 4-5 Mei 2015 mendatang ini, rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Kemungkinan kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini diungkapkan oleh Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Septriana Tangkary seusai memimpin Rapat Persiapan Kegiatan Peluncuran Sideka di Ruang Rapat Bupati Beltim, Jum’at (27/3) pekan lalu.

“Kalau kemungkinan Beliau (Presiden Jokowi, red) akan datang, Insyaallah baru sekitar 60 persen. Harapan kami memang Beliau bisa datang. Saat ini kami sedang meminta agenda waktu Beliau untuk menyempatkan diri. Mudah-mudahan jika tidak ada halangan beliau dapat hadir,” ungkap Septriana.

Pada saat acara nanti, RI 1 akan hadir untuk melihat implementasi Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang diimplementasikan pada 39 desa di Kabupaten Beltim. Dan khusus untuk launching Sideka, Septi menyatakan bahwa program ini merupakan hasil sinergi kerjasama antara beberapa Kementerian, seperti Kominfo, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (DPDTT).

“Inikan tahun pertama implementasi UU Desa yang digolkan pemerintahan Presiden Jokowi, sekaligus implementasi Sideka pada tahun pertama Pak Jokowi sejak menjabat sebagai Presiden RI. Ini juga agar semua masyarakat di 74 ribu desa di Indonesia bisa menggunakan aplikasi desa ini,” jelas Septriana.

Selain peluncuran Program Sideka, Kementerian Kominfo juga akan meluncurkan quad drone, pemetaan desa dari udara yang menggunakan drone atau pesawat udara kecil yang dikendalikan dengan remote kontrol. Quad Drone ini, jelas Septri akan melakukan sistem pemetaan potensi daerah. Apakah daerah itu sesuai untuk perindustrian, peternakan, pertanian, dan lain-lain.

“Selain launcing Sideka dan quad drone, kita juga akan launching untuk Aplikasi Desa Nelayan. Kami sudah koordinasi dengan KKP, aplikasi ini belum ada dan rencananya akan diletakkan di seluruh provinsi dan kabupaten/kota untuk pelaksanaan aplikasi desa nelayan,” tutupnya. (feb)