Bertambah 4, Pasien Positif Covid-19 di Babel 46 Orang

by -
Bertambah 4, Pasien Positif Covid-19 di Babel 46 Orang
Ilustrasi Jawapos

belitongekspres.co.id, PANGKALPINANG – Jumlah kasus positif Covid-19 di Bangka Belitung (Babel) bertambah. Sebelumnya 42, sekarang menjadi 46 kasus, per Sabtu 30 Mei 2020.

Hal ini pun dibenarkan oleh Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Babel, Andi Budi Prayitno melalui siaran pers-nya.

Penambahan 4 kasus positif yang baru ini berasal dari 4 daerah di Babel, yakni Bangka, Pangkalpinang, Bangka Tengah dan Belitung.

“Keempat pasien positif dalam keadaan sehat, atau dikategorikan Orang Tanpa Gejala (OTG),” kata Andi Budi, Minggu (31/5).

Pertama berinisial IB, usia 53 tahun, jenis kelamin laki-laki, beralamat di Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat, berdomisili di Bukit Baru, Pangkalpinang.

“Berdasarkan riwayat perjalanan, IB tidak pernah keluar daerah. Sebab itu, belum diketahui pasti di mana dan dari mana IB terpapar. Kemungkinan sementara IB termasuk ke dalam kasus transmisi lokal,” paparnya.

Dari hasil rapid test diperoleh hasil Reaktif, lalu dilakukan swab test terhadap yang bersangkutan dan dari hasil pemeriksaan di laboratorium RSBT Pangkalpinang pada 29 Mei 2020 diperoleh hasil Positif.

“Saat ini yang bersangkutan dalam kondisi sehat (OTG) dan sudah dibawa pada Sabtu 30 Mei 2020 di Wisma Karantina Kota Pangkalpinang di LPMP untuk mendapatkan penanganan,” katanya.

Kemudian kedua, G, laki-laki berusia 31 tahun. Beralamat di Jalan Sinar Jaya, Sempan, Pemali, Bangka. Berdasarkan riwayat perjalanan dan riwayat kontak dengan konfirmasi positif, belum diketahui darimana G terpapar Covid-19.

“Dari hasil rapid test diperoleh hasil Reaktif, lalu dilakukan swab test terhadap yang bersangkutan dan dari hasil pemeriksaan di laboratorium RSBT Pangkalpinang 28 Mei 2020 diperoleh hasil Positif,” ujar Andi

“Saat ini yang bersangkutan dalam kondisi sehat (OTG) dan sudah mendapatkan penanganan sejak Sabtu 30 Mei 2020 di Wisma Karantina di BKPSDMD Babel,” imbuhnya.

Ketiga IY, perempuan berusia 30 tahun beralamat di Jalan Sungai Selan, Terak, Simpang Katis, Bangka Tengah. Berdasarkan riwayat perjalanan, IY tidak pernah ke luar dari Babel selama tahun 2020.

Dari hasil rapid test diperoleh hasil Reaktif, lalu dilakukan swab test terhadap yang bersangkutan dan dari hasil pemeriksaan di laboratorium RSBT Pangkalpinang pada 28 Mei 2020 diperoleh hasil Positif.

“Saat ini yang bersangkutan dalam kondisi sehat (OTG) dan pada Sabtu 30 Mei 2020 akan dibawa ke Wisma Karantina di BKPSDMD Babel untuk mendapatkan penanganan,” tambahnya.

Sementara, pasien positif keempat berinisial M berasal dari Kabupaten Belitung. Pasien 922 berjenis kelamin laki-laki, usia 58 tahun, alamat Air Ketekok, Kecamatan Tanjungpandan.

M adalah salah satu penumpang pesawat jurusan CGK-TJQ yang terbang 16 Mei 2020 bersama pasien positif sebelumnya, yaitu 921, 923, dan 931 (Banglades). Mereka pernah sama-sama pernah pergi ke luar negeri.

Saat ini pasien M sudah diisolasi dan mendapat penanganan di RSUD dr H Marsidi Judono, Tanjungpandan Belitung, mulai tanggal 28 Mei 2020.

“Dengan adanya penambahan empat kasus, maka total terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Babel menjadi 46 orang,” jelas Andi

Adapun detail sebaran Pangkalpinang 8, Bangka 6, Bangka Barat 15, Bangka Tengah 3, Bangka Selatan 2, Belitung 11, dan Belitung Timur (Beltim) 1.

“Untuk total pasien dalam perawatan dan penanganan saat ini berjumlah 18 orang, pasien yang sembuh 27 orang, dan yang meninggal 1 orang,” katanya.

Disampaikan juga terkait perkembangan hasil pemeriksaan swab test PCR, pada 31 Mei 2020. Hasil swab PCR yang sudah keluar dan diperoleh hasilnya berjumlah 57.

“Dengan demikian, kompilasi jumlah spesimen swab test yaitu, jumlah sampel diperiksa 841, hasil positif 46, negatif 249 dan masih dalam proses pengujian 546,” tukas Andi. (red)

Editor: Yudiansyah