Bhabin Polres Beltim Adakan Kegiatan

by -

Bangun Komunikasi

foto kirian 2

Ket foto: salah satu kegiatan Bhabinkamtibmas bersama masyarakat dalam mengisi libur panjang pekan lalu.

MANGGAR – Mengisi libur panjang akhir pekan kemarin, dua Bhabinkamtibmas Polres Beltim mengadakan kegiatan bersama masyarakat. Adapun kegiatan yang dilaksanakan bertujuan membangun komunikasi dengan masyarakat desa setempat agar terjalin harmonisasi.
Seperti halnya yang dilakukan oleh anggota Polres Belitung Timur (Beltim), yakni Bhabinkamtibmas Desa Batu Penyu, Kecamatan Gantung, Brigadir. AM Lubis misalnya, mengajak masyarakat menebang pohon disekitar rumah warga. Bukan sembarang tebang, tetapi pohon besar yang berbahaya jika sewaktu-waktu cuaca ekstrim. Ia sengaja turun tangan membantu merobohkan pohon ditengah cuaca panas.
“Antisipasi cuaca buruk yang dapat merobohkan pohon sekitar rumah warga, Bhabinkamtibmas Desa Batu Penyu bersama Pj. Kades Batu Penyu, perangkat desa dan warga bergotong royong menebang pohon yang condong ke rumah warga untuk menghindari kerugian material warga,” ungkap Pj. Kades Batu Penyu, Kulup Han, Sabtu (26/3) pekan lalu.
Tidak hanya itu, Bhabinkamtibmas juga bekerjasama dengan pihak Desa memprogramkan gotong royong setiap 1 minggu sekali. Sasarannya menyeluruh yang bertujuan untuk memberi rasa nyaman dan aman bagi warga khususnya Desa Batu Penyu.
“Biar kita bisa kumpul melalui gotong royong. Banyak hal yang dapat dilakukan saat ada kebersamaan bersama Bhabin. Kami merasa sangat dekat karena terbangun komunikasi yang baik,” ujar Pria yang akrab disapa Achip.
Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Jangkang, Kecamatan Dendang Briptu M Dirga mengadakan kegiatan berupa turnamen gaple yang diarahkan dalam rangka menjaga keamanan dan lingkungan.
“Ini sekaligus silaturahmi antar masyarakat bersama Bhabinkamtibmas Desa Jangkang. Intinya kami bersinergi dengan Kepala Desa mengajak masyarakat mengadakan turnamen gaple di poskamling yang terletak di dusun Jangkang Barat RT 16 Desa Jangkang,” ujar Briptu M Dirga melalui pesan singkatnya.
Dikatakannya, hal terpenting dalam turnamen bukanlah hadiah tetapi nilai kebersamaan dan saling menjaga keamanan di lingkungan Desa. Tugas berat Bhabin akan terasa mudah jika dukungan masyarakat Desa muncul secara sadar.
“Dengan di adakan pertandingan gaple tersebut agar warga di Desa Jangkang bisa menjalin silaturahmi antar warga dan saling menjaga keamanan di lingkungan Jangkang,” harap Briptu Dirga.
Untuk jadwal pertandingannya di mulai pada tanggal 23 sampai tanggal 30 maret 2016. Adapun jumlah peserta yang mengikuti sekitar 56 pasang atau 112 orang. (feb)