Bhabinkamtibmas Upaya Wujudkan Pelayanan Cepat

by -

MANGGAR – Keberadaan Bhabinkamtibmas di tengah masyarakat selama ini, dinilai sangat diperlukan. Segala permasalahan, kecuali tindak pidana harus difasilitasi Bhabinkamtibmas. Untuk itu, bhabinkamtibmas harus siap sedia membantu melayani masyarakat dengan cepat.

“Bhabinkamtibmas merupakan kepanjangan Polri di desa. Merekalah yang bertanggungjawab membantu masyarakat,” ujar Kapolres Beltim, AKBP. Nugrah Trihadi, S.Ik, kepada Beliton Ekspres, Senin (21/9) pagi kemarin.

Menyikapi pentingnya peran Bhabinkamtibmas, Polri melalui Polda dan Polres berencana membangun unit rumah kantor (rukan) di tiap-tiap kecamatan/desa. Selanjutnya, rukan akan ditempati bhabinkamtibmas sebagai rumah tinggal sekaligus kantor pelayanan.

“Kita sudah mengajukan permohonan kepada Pemerintah daerah untuk membangun rumah kantor bhabinkamtibmas. Mudah-mudahan tahun depan sudah ada realisasinya,” ungkap Kapolres.

Selain pemerintah daerah, pembangunan unit rukan juga memberikan kesempatan kepada pihak lain yang ingin berpartisipasi. Bahkan, beberapa perusahaan sudah menyatakan kesediaan membantu pembangunan rukan.

“Kita juga melakukan koordinasi kepada pihak Desa untuk menyediakan lahan pembangunan rumah kantor. Salah satunya, Desa Baru sudah menyediakan lahan dan sudah disurvei,” ujar Kapolres.

Beberapa keuntungan jika rukan bhabinkamtibmas dibangun di tiap Desa antara lain, Bhabinkamtibmas akan tinggal di Desa yang ditugaskan dan pelayanan kepada masyarakat semakin mudah.

“Kedepan diharapkan, keberadaan rukan yang ditempati bhabinkamtibmas akan menyelesaikan setiap permasalahan yang timbul. Selama tidak berkenaan dengan tindak pidana, diharapkan dapat selesai di tingkat Desa oleh Bhabinkamtibmas,” tutupnya. (feb)