BI dan Polda Babel Teken MoU

by -1 views

“Jangan Coba-coba Buat Uang Palsu di Babel”

PANGKALPINANG – Untuk melakukan pencegahan terhadap tindak pidana uang rupiah, kepala perwakilan Bank Indonesia (BI) Cabang Bangka Belitung melakukan penandatanganan MoU pokok-pokok  kesepahaman dengan Kepolisian Daerah (Polda) Bangka Belitung.
Kepala Perwakilan BI Cabang Babel, Bayu Marwanto mengatakan, sebelumnya kerjasama BI dengan Polda Babel ini sudah berjalan, dan ini juga menjadi amanat dari BI dalam menerapkan hak dan kewenangan penggunaan uang rupiah, misal munculnya uang palsu atau adanya transaksi valuta asing. “MoU ini untuk memperkuat mata uang kita, karena dari hasil yang ada, di Babel masih banyak masyarakat yang bertransaksi menggunakan mata uang rupiah, yang bisa saja muncul uang palsu, meski jumlahnya belum signifikan,” katanya usai melakukan MoU, Selasa (8/9) kemarin.
Selain itu, menurut Bayu, disini BI juga menandatangani pokok-pokok kerjasama yang berkaitan dengan sistem, karena tindak pidana pada sistem penyelenggaraan, bisa terjadi. Ini langkah BI dalam menjaga dan mengatur serta melakukan pengawasan secara langsung maupun tidak langsung. “MoU ini juga untuk pengawasan perdagangan valuta asing, meski disini belum ada, tapi tidak menutup kemungkinan untuk adanya perdagangan valuta asing di Babel. Valuta asing bisa menjadi alat pencucian uang (money laundry), transaksi narkoba, dan sebagainya,” terang Bayu.
Ia berharap dengan melakukan penandatanganan ini, menjadi langkah awal BI dalam mengambil langkah penegakan hukum. “Semoga ini jadi titik awal kita agar lebih baik lagi, dan penegakan hukum di Babel dapat berjalan lancar dan efektif. Masyarakat juga harus cerdas dan cermat dalam mengamati rupiah, agar kita tenang dan aman melakukan transaksi,” harapnya.
Kapolda Babel, Brigjen Pol Gatot Subiyaktoro juga memastikan, kejahatan yang berkaitan dengan uang atau uang palsu dan semacamnya, belum pernah terjadi di Babel. Adanya MoU ini, menjadi langkah awal Polda Babel dalam mengantisipasi tindak pidana uang. “Hadirnya BI di sini kita harap dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat Babel. Kita kepolisian akan antisipasi agar jangan ada yang coba-coba membuat uang palsu di Babel ini,” tutupnya. (tya)