Bidik 11,2 juta Penumpang, Citilink Beli Pesawat Airbus A320 Tahun Ini

by -

Bidik 11,2 juta Penumpang, Citilink Beli Pesawat Airbus A320 Tahun Ini. Foto JPNN.com
JAKARTA – PT Citilink Indonesia tahun ini membidik jumlah penumpang sebanyak 11,2 juta. Target akan dikejar dengan cara menambah pesawat dan frekuensi setiap rute penerbangan. Sedikitnya lima pesawat Airbus A320 akan ditambah oleh anak usaha PT Garuda Indonesia ini pada 2015 ini. Sehingga total jumlahnya sebanyak 32 pesawat.
Vice President Corporate Communication Citilink Benny S. Butarbutar mengatakan, target peningkatan dihitung berdasarkan rata-rata peningkatan penumpang Citilink dalam tiga tahun terakhir yang terus naik. Selain jumlah penumpang, lanjut Benny, Citilink mentarget load factor menjadi 85 persen atau naik 2 persen dari 2014 sebanyak 83 persen.
“Untuk pendapatan 2014, kita mampu mendapatkan USD 600 juta dan kita target 2016 kita bisa IPO. Sejak 2012, pertama kita lepas dari induk perusahaan Garuda Indonesia, jumlah penumpang kita hanya 2,8 juta menjadi 5,5 juta penumpang pada 2013. Jumlah itu naik menjadi delapan juta penumpang pada 2014 lalu,” ujar Benny melalu pesan elektroniknya, Selasa (17/3).
Sedangkan rencana menambah lima armada pesawat baru, Benny mengatakan, akan datang secara bertahap hingga kuartal IV tahun ini. Pesawat tersebut merupakan pesawat yang disewa dalam jangka panjang dari perusahaan leasing. Harga dari masing-masing pesawat tersebut diperkirakan mencapai USD 50 juta.
“Pada tahun selanjutnya Citilink berharap dapat membeli pesawat baru untuk menambah jumlah armada yang dimiliki. Pasalnya, hampir semua pesawat Citilink merupakan pesawat sewaan. Kita punya 32 pesawat memang semuanya sewa, tapi kita punya empat Boeing 737 punya kita sendiri, tapi itu tipe yang berbeda. Mudah-mudahan tahun depan ada pesawat yang kita beli baik dengan uang sendiri ataupun utang,” pungkasnya. (ers/jpnn)