Bikin Resah, Bandit Bakal Di-dor!

by -1 views

PANGKALPINANG – Komitmen tinggi Kapolda Bangka Belitung Brigjen Anton Wahono menciptakan keamanan dan ketentraman di lingkungan masyarakat ditunjukanya dengan cara telah membentuk tim pembasmi 3C (curat, curas dan curanmor). Hasilnya pun lumayan membuat bulu kuduk berdiri pasalnya sudah lebih dari 25-an bandit didor. Selebihnya dimasukin ke penjara dan menunggu diadili di persidangan.

Dikatakan Anton Wahono kalau pelaku kejahatan dan meresahkan masyarakat tersebut didominasi oleh pendatang dari luar. Kehadiran mereka memang sudah berniat jahat di Bangka Belitung.  “Kehadiranya mereka ke sini sudah berniat jahat sejak awal. Bahkan yang datang ke sini (Bangka Belitung.red)  memiliki catatan buruk seperti di antaranya residivis,” kata Anton.

Kejahatan yang berasal dari luar tersebut juga ditunjukan Anton dengan menangkapan langsung para pelaku kejahatan di kampung halaman (luar Bangka Belitung) masing-masing. Di antaranya Sumatera Selatan dan Lampung. “Baru-baru ini kita tangkap di Lampung dan Sumatera Selatan. Barang bukti seperti sepeda motor juga telah kita kirim ke Bangka sebagai barang bukti,” sebut mantan Kapolres Pangkalpinang.

Sebelum menjadi Kapolda Bangka Belitung, Anton sendiri pernah menjabat sebagai direktur reserse kriminal umum  Polda Bangka Belitung. Direktur reserse tersebut yang membawanya berpengalaman seputar dinamika dan wujud kejahatan umum di wilayah hukum.  Dikatakanya Bangka Belitung merupakan daerah yang awalnya aman dan nyaman.  “Kehadiran pendatang itu bukan semuanya buruk tetapi tak bisa dipungkiri memang beberapa kejahatan dilakukan oleh mereka yang datang. Di antaranya residivis dan sudah kita lumpuhkan. Mereka yang membahayakan petugas harus kita tindak tegas (tembak.red),” ujarnya.

Sebagai Kapolda yang  memiliki tanggung jawab utama soal keamanan daerah dan masyarakat dirinya aku sangat mencintai dan memiliki Bangka Belitung. Dirinya juga berharap agar pendatang hadir ke Bangka Belitung mengawali niat yang baik dan bekerja baik di sini. “Siapa saja boleh ke Bangka Belitung tapi jangan berniat jahat,” tukasnya.  “Bilamana berniat jahat dan meresahkan masyarakat akan berurusan dengan saya. Saya tegas, saya melindungi masyarakat saya. Tetapi kalau baik mari kita bekerja sama dan membangun daerah ini,” ajak jenderal bintang satu ini. (eza)