Bisa Masuk UGM Tanpa Tes

by -

*Hafal 30 Juz Al Quran

ilustrasi Al Quran
ilustrasi Al Quran

SUNGAILIAT – Bupati Bangka H.Tarmizi H.Saat kembali membuat gebrakan dalam dunia pendidikan, beliau mengatakan akan menguliahkan pelajar tingkat akhir Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah Kabupaten Bangka di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, dengan syarat harus hafal Al-Quran 30 juz.
Hal tersebut diungkapkannya ketika membuka kegiatan Festival Membaca dan Menulis (FMM) yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka, Selasa (03/05) di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat.
“Bagi pelajar tingkat akhir Sekolah Menengah Atas (SMA) yang hafal Al-Qur’an 30 juzz, lapor ke saya, akan saya masukkan ke UGM tanpa dites,” katanya. Dikatakannya lebih lanjut, selain UGM, pilihan lainnya juga bisa di IPB (Institut Pertanian Bogor).
“Tidak ada persoalan, kalau sudah hafal Al-Qur’an, namun bagi yang tidak harus ikut prosedur,” ungkapnya. Dikesempatan ini, bupati juga menyampaikan terkait rencana dan realisasi penerimaan beasiswa utusan daerah pelajar SLTA tingkat akhir di Kabupaten Bangka.
“Tahun depan, akan ada penerimaan dokter daerah 10 orang, tahun ini (2016-red) ada 24 pelajar kita kuliahkan di IPB, di STPN ada 30 orang ” ujarnya. Ditambahkannya, selain di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama tersebut, terkait penerimaan dan rencana kelanjutannya, Pemkab Bangka juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa PTN ternama nasional lainnya, seperti IPDN,UPI,UNS, dan kampus lainnya.
“Adanya hal ini semua, karena masa depan Kabupaten Bangka ini, ada dipundak adik-adik (pelajar-red) semua, selaku generasi penerus bangsa,” tutupnya.(rel/rb)