BKPPD Mulai Proses Lelang Jabatan

by -

TANJUNGPANDAN-Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Belitung Selasa (31/3) lalu, resmi mengeluarkan pengumuman seleksi jabatan bagi kepala dinas di lingkup satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten Belitung.
Kepala BKPPD Kabupaten Belitung Ita Wahyuni mengatakan, seleksi ini melibatkan lima tim ahli. Mereka dipakai untuk menilai kompetensi sesuai bidang jabatan lowong. “Jadi, seleksi jabatannya dilakukan secara terbuka,” singkat Ita.
Peserta seleksi akan diuji dan mempersentasikan karya tulis yang mereka buat. Tim ahli yang menentukan siapa saja tiga nama yang layak diserahkan ke Bupati. Lantas, Bupati yang menunjuk satu dari tiga orang tersebut. “Tim ini mengusulkan tiga orang untuk masing-masing jabatan. Bupati nanti yang akan mewawancara. Dari tiga orang ini di wawancara oleh wakil,” kata dia.
Adapun biaya untuk pelaksanaan ini, kata Ita tidak menyedot anggaran yang banyak. Ita mengatakan, tidak sampai Rp 300 juta.  “Kita hanya membiayai akomodasi dan honor umum. Merekapun bersedia  nolong. Kalau standar, dia tidak sanggup Rp 1,5 juta per jam. Dia menyesuaikan dengan dana kita,” beber Ita.
Ita mengatakan, pengumuman pelaksanaan lelang jabatan bagi kepala SKPD di lingkup Pemerintahan Kabupaten Belitung mulai 31 Maret 2015. “Suratnya sudah kami edarkan ke masing-masing SKPD yang akan dilelang. Jadi, pendaftarannya mulai 2 April. Dan undangan sudah kita sebar ke SKPD. Besok (hari ini, red) mereka sudah boleh mengirimkan berkas,” kata Ita di ruang kerjanya Rabu (1/4) kemarin.
Ita menyebut, ada lima Jabatan kepala dinas/instansi SKPD yang setara dengan jabatan tinggi Pratama eselon IIb, yang akan dilelang. Lima jabatan itu yakni, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Belitung, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Belitung, Sekertaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Belitung,Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Belitung serta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Belitung.
Dari sekian persyaratan lelang yang sudah ditetapkan oleh tim Baperjakat, persyaratan yang paling mendasar yakni latar belakang pendidikannya harus sesuai dengan jabatannya. “Misalnya, Sarjana Agama ke Dinas PU, kan gak cocok,” katanya.
Jika ada di antara jabatan yang kosong, pasca terpilihnya pejabat yang sudah di lelang, maka akan diisi di kemudian hari. “Misalkan ada jabatan sekertaris yang terangkat dalam proses pelaksanaan lelang ini, kita akan melakukan pemilihan kembali. Melalui tim Baperjakat dengan menggunakan sistem rolling,” ungkapnya.

Ita menambahkan, diperkirakan mereka yang terpilih akan mulai bertugas pertengahan Mei 2015 setelah dilantik. “Jadwal pengumuman hasil tes kompetensi akan dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2015 mendatang, sesuai jadwal kegiatan yang ada,” tukas Ita. (mg2/ade)