BLHD Tingkatkan Kinerja

by -

*Kejar Akreditasi Pada Laboratorium dari Kementerian
TANJUNGPANDAN- Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Belitung terus berusaha meningkatkan kinerjanya. Salah satunya dengan menggelar In House Training II, Pelatihan Audit Internal pada Laboratorium Tanjungpandan Senin (23/3) kemarin, yang dihadiri  pejabat dari Pusdiklat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan (KLHK) Pusat.
Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Belitung Ir H M Ubaidillah d dampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Lingkungan BLHD Kabupaten Belitung Dedi ST mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka untuk persiapan akrediatasi UPT Laboratorium BLHD Kabupaten Belitung.
“Selain itu juga, untuk melengkapi persyaratan pendaftaran akreditasi BLHD Belitung,” jelas Dedi kepada BE Senin (23/3) kemarin, usai kegiatan yang dihadiri pejabat Pusdiklat KLHK RI Ir Siti Rohmah, di Kantor BLHD Kabupaten Belitung yang direncanakan diadakan dua hari, 23-25 Maret 2015.
Dedi mengatakan, rencana pendaftaran akreditasi laboratorium BLHD ke Badan Standar Nasional (BSN) di bagian komite akreditasi nasional, akan dilakukan awal April 2015.
“Kita melakukan ini untuk melengkapi kualifikasi personil yang berkompeten,” ucapnya.
Lanjut dia, sebenarnya dari sisi organisasi, untuk persyaratan sudah cukup. Ditambah dengan adanya tiga orang pegawai baru di BLHD Belitung.  “Secara garis besar saat ini, sudah bisa dikatakan hampir 90 persen untuk persiapan kita di BLHD,” sebutnya.
Apalagi sekarang, kata Dedi, BLHD Belitung sudah melaksanakan persiapan selama dua tahun sejak dari tahun 2013. “Dan sekaligus dibantu langsung oleh pusat pengelola ekologi Sumatera yang langsung dikoordinasi dari Kementerian Lingkungan Hidup,” paparnya.
Dedi menjelaskan, pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup akan membantu dan mensupport. Bahkan, dari segi pendanaan semuanya pusat yang siap membayarnya. “Jadi,kita tinggal melengkapi saja persyaratan saja saat ini. Dan mudah-mudahan awal April 2015 mendatang sesuai rencana awal kita tahun lalu, BLHD sudah terakreditasi. Karena itu, mohon dukungannya bersama,” terangnya.
Dedi menyebutkan,sebelumnya BLHD sudah menlaksanakan kegiatan in house pertama soal kesehatan keselamatan kerja (k3) dan pengelola limbah laboratorium. Lantas, in house yang kedua sekarang ini sudah selesai. “In house ketiganya nantinya, mungkin setelah pendaftaran akreditasi. Itu tidak masalah,’’ pungkasnya.(mg2)