BMED Ikut Berpartisipasi Menjaga Laut Pulau Belitung

by -4 views
Konsorsium BEMD Daniel Adolf Sulilatu menyerahkan bantuan perahu pengangkut sampah kepada Bupati Belitung Sahani Saleh didampingi Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Kamis (20/6).

Berikan Bantuan Perahu Pengangkut Sampah

belitongekspres.co.id, SIJUK – Belitung Maritime Eco-tourism Development (BMED& menyerahkan bantuan satu unit perahu ke Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung. Perahu mesin berukuran 4.5 x 1.2 meter ini, diserahkan di Pendopo Pantai Tanjung Kelayang, Kamis (20/6).

Bantuan CSR diserahkan secara simbolis oleh Konsorsium BEMD Daniel Adolf Sulilatu kepada Bupati Belitung Sahani Saleh didampingi Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie. Lantas, selanjutnya dikelola Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung.

Konsorsium BEMD Daniel Adolf Sulilatu mengatakan, pemberian bantuan perahu pengangkut sampah ini merupakan partisipasi dalam rangka menjaga laut di Pulau Belitung. Sebab, Indonesia masuk dalam kategori penyumbang sampah terbesar di dunia.

Sehingga itu menyebabkan rusaknya ekosistem laut akibat sampah khususnya sampah plastik. Menurutnya sampah plastik ini dapat membunuh hewan-hewan yang ada di perairan laut Indonesia, khususnya Belitung.

”Kita sebagai manusia juga terkena imbasnya. Karena mikroplastik yang berasal dari sampah plastik ini dapat dimakan oleh ikan, dan ikan tersebut kita konsumsi, sehingga mempengaruhi kesehatan kita,” kata Daniel kepada Belitong Ekspres.

Kata Daniel, sementara ini pihaknya memberikan satu buah perahu. Kedepan akan direncanakan kembali. Menurutnya, perahu tersebut buatan dari warga lokal dan juga bahan lokal seperti kayu maupun peralatan lainnya.

Dia menambahkan, untuk perahu karya warga Belitung ini dapat menempuh perjalanan sepanjang lima kilometer, dengan kecepatan maksimal kurang lebih 40 kilometer perjam. Kapasitasnya, dengan daya angkut dua hingga tiga kubik sampah.

“Kami berharap dengan adanya perahu ini, tidak ada lagi sampah yang berceceran. Sehingga kapal ini dapat bermanfaat bagi perkembangan pariwisata di Belitung, hususnya masalah kebersihan,” pungkas Daniel.

Sementara itu, Bupati Belitung H Sahani Saleh mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi adanya pihak-pihak yang peduli dengan kebersihan di Kabupaten Belitung. Kedepan, dia akan memperbanyak perahu seperti ini.

“Tentunya untuk dana dari bantuan CSR perusahaan. Adanya kapal ini sangat bermanfaat untuk mengangkut sampah-sampah yang berceceran di pantai. Kemarin kami melihat banyak sampah minuman merk dari luar berceceran,” katanya.

Adanya bantuan tentu akan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh DLH Kabupaten Belitung. Dimana setiap harinya pasukan kuning DLH akan menggunakan perahu untuk mengangkut sampah plastik di tempat wisata. (kin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *