BMKG Ingatkan Tak ke Timur

by -

*Ombak Bisa Capai 3 Meter, Nelayan Diminta Waspada

foto A -kapal nelayan yang tidak melaut lantaran faktor angin Tenggara - Copy

Foto A: ilustrasi ainul yakin/be
Kapal-kapal nelayan di Pelabuhan Tanjungpandan, banyak yang diparkir mengingat di sebagian laut Belitung mulai tak bersahabat, khususnya pelayaran ke arah Timur.

TANJUNGPANDAN-Kondisi perairan di laut Belitung saat ini dinilai masih dalam relatif baik, meski ada beberapa catatan penting. Ombak laut di wilayah tertentu terbilang masih relatif aman, namun di beberpa sisi lain, misalnya arah ke Timur kondisinya mulai tak bersahabat.
Jika posisi berlayar ke arah Barat, ombak di laut ketinggian maskimal sekitar dua meter. Namun jika ombak dari arah Timur ketinggian mencapai tiga meter atau dalam kondisi lebih membahayakan bagi kapal, khususnya kapal nelayan.
Hal tersebut disampaikan Kasatpol Air Polres Belitung AKP Joko Waluyo. Menurutnya, saat ini Belitung mengalami musim angin Tenggara. Dijelaskan Joko, datangnya musim ini sangat berbahaya bagi nelayan Belitung yang akan berlayar ke arah Timur.
“Saya sudah mendapat informasi langsung dari BMKG (Badan Meteologi Kimiologi Geofisika) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengenai masalah ini. Saat ini kondisinya tidak bagus,” ujar AKP Joko Waluyo seizin Kapolres Belitung kepada Belitong Ekspres, Kamis (6/8) kemarin.
Dikatakan AKP Joko, tinggi ombak di laut saat ini mencapai tiga meter. Selain itu, kondisi angin juga sangat kencang. Belum bisa dipastikan berapa lama kondisi ini akan stabil. Sebab, Kata Joko kondisi laut dapat berubah kapanpun.
“Belum dapat kami prediksi sampai kapan kondisi cuaca ini bisa lebih aman dan stabil. Sebab, BMKG memeberikan info ke Satpolair seminggu sekali. Untuk saat ini, kondisinya bahaya di wilayah timur,”kata Joko diruangannya kemarin.
Pihak Polair sudah memberitahukan masalah ini kepada para nelayan di Belitung, agar tidak melayar di kawasan timur. Dirinya juga memastikan, untuk ke arah barat dan utara kondisinyamasih aman.
“Kami menghimbau agar nelayan tidak nekat untuk berlayar ke arah Timur. Sebab, itu dapat membahayakan dirinya. Tetap berhati-hati, karena kondisi cuaca dapat berubah kapanpun. Jika berlayar usahakan tetap membawa alat pengaman seperti pelampung,” pungkasnya. (kin)