BNN Kabupaten Belitung Siap Obati Pecandu Narkoba

by -
BNNK Siap Obati Pecandu Narkoba
Kepala BNNK Belitung Dik Dik saat memberikan pemaparan kepada peserta sosialisasi narkoba, Rabu (14/8) kemarin.

Belitung Masih Warna Hijau

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Belitung menyatakan siap mengobati pencandu narkoba, tanpa proses hukum. Bahkan mereka akan menutupi identitas dari si ketergantungan barang haram tersebut.

Hal itu diungkapkan Kepala BNNK Belitung Dik Dik Kusnadi, saat sosialisasi dengan para pemuda-pemudi Belitung. Sosialisasi ini bertempat di salah satu rumah makan yang ada di Kawasan Pantai Wisata Tanjung Pendam, Rabu (14/8) kemarin.

Kata Dik Dik, rehabilitasi merupakan hak dari si pecandu narkoba. Untuk di Kabupaten Belitung masih belum ada seseorang pecandu yang direhabilitasi. Kebanyakan di Negeri Laskar Pelangi mengkonsumsi zat adiktif.

Seperti obat batuk. Maupun lem (Aibon). Dia menjelaskan, kondisi peredaran narkoba di Belitung masih aman. Dik Dik menjelaskan, dalam kondisi narkoba diibaratkan tiga warna. Yakni, Hijau, Kuning dan Merah.

Hijau artinya masih aman. Kuning hati-hati. Sedangkan merah sudah parah. Untuk di Kabupaten Belitung, menurut Dik Dik masih hijau. Meski begitu, BNN tetap harus waspada. Jangan sampai naik ke kuning.

Untuk mencegah hal itu terjadi, BNN Kabupaten Belitung menggandeng instansi lain untuk melakukan sosialisasi. Bahkan, dari Kapolri Jendral Tito Karnavian menegaskan akan menindak tegas anggotanya yang terlibat narkoba.

“Untuk upaya pencegahan lainnya, kita melakukan tes urine. Seperti di Lapas dan juga instansi lainnya yang ada di Kabupaten Belitung,” ujar Dik Dik kepada Belitong Ekspres, usai acara kemarin. (kin)