BNNP Benarkan Oknum Polisi Belitung Ditangkap Karena Dugaan Narkoba

by -
BNNP Benarkan Oknum Polisi Belitung Ditangkap Karena Dugaan Narkoba
Ilustrasi Narkoba

belitongeskspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Humas BNN Provinsi Babel Haryansah  membenarkan adanya penangkapan 3 orang yang diduga terlibat narkoba di kawasasan PPN Tanjungpandan, Belitung, Kamis (18/2). Salah satunya merupakan oknum anggota kepolisian berinisial HI.

Saat ini ketiganya sudah berada di Bangka untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. “Iya benar salah satunya oknum anggota HI. Untuk sementara kita masih melakukan pemeriksaan. Nanti kita akan kabari,” ungkapnya saat dihubungi, Minggu (21/2) kemarin.

Namun demikian, sayangnya Haryansah masih enggan berkomentar lebih banyak ketika ditanya mengenai kronologis penangkapan, termasuk data ketiganya. “Saat ini kita masih proses pemeriksaan. Nanti kalau sudah selesai, kita akan informasikan lagi,” ujarnya lagi.

Terpisah, Kabid Humas Polda Bangka Belitung Kombes A Maladi, mengaku belum mengetahui detil terkait dugaan penangkapan itu. Menurutnya, kalau benar berita ini maka institusi Kepolisian tak akan melindungi oknum seperti itu.

“Jadi ini oknum, bukan institusinya. Secara institusi pimpinan kita sudah kerap mengingatkan anggota jangan pernah ada yang coba-coba bermain narkoba. Kalau ada, maka akan tanggung resiko sendiri,” kata Maladi kepada Babel Pos (Grup Belitong Ekspres)

Seorang oknum Kepolisian yang terlibat narkoba maka sanksi berat sudah menanti di depan mata. Sanksi terberat tak lain adalah dipecat. “Sudah banyak anggota yang dipecat karena narkoba. Mestinya ini menjadi pelajaran berharga bagi oknum yang bersangkutan,” ingatnya.

Sementara itu, sebelumnya Kapolres Belitung AKBP Ari Mujiyono masih menunggu perkembangan dari BNNP Babel, mengenai adanya indikasi keterlibatan oknum polisi yang ketangkap karena masalah narkoba.

“Untuk berita tentang oknum (polisi) tersebut silahkan konfirmasi ke BNNP Babel. Sebab kronologis kejadian yang lebih tahu adalah BNNP,” kata AKBP Ari saat dikonfirmasi Belitong Ekspres.

Ketika disinggung mengenai kebenaran keterlibatan anggotanya dalam kasus ini, AKBP Ari masih enggan berkomentar banyak. Pasalnya, Polres Belitung masih menunggu pembuktian dari BNNP.

“Dari laporan yang kita terima, barang (narkoba) itu belum sampai ke oknum tersebut. Namun informasinya, pembelinya sudah ada di Tanjungpandan,” ungkap pria jebolan AKPOL 2000.

Dia menambahkan, BNN Kabupaten maupun Provinsi mempunyai kewenangan untuk melakukan penangkapan. Mengenai oknum polisi dan beberapa orang yang ditangkap, sudah diintai oleh BNN provinsi. “Kalau misalnya BNN ada kegiatan (penangkapan), kita hanya bersifat membackup (membantu),” tandasnya. (kin/eza)