Boy Divonis 6 Tahun Penjara

by -

*Kasua Penyalahguna Narkoba Kelas I

TANJUNGPANDAN- Bambang alias Boy terdakwa Kasus penyalaguna narkoba di Belitung, divonis 6 tahun 6 bulan penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tanjungpandan. Sidang yang mengagendakan tuntutan ini dilaksanakan di Pengadilan Negeri Tanjungpandan, Rabu (11/11) kemarin.

Sidang yang terbuka untuk umum ini dipimpin Hakim Ketua Sarudi SH, didampingi Hakim Anggota Mahendra Adhi Purwanda SH MH dan Bayu Mandala Putra SH MH, serta Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Tanjungpandan Rudi Dwi Prastyono SH.

Hakim Ketua Sarudi mengatakan, setelah menimbang dari keterangan saksi-saksi dan barang bukti, majelis hakim menyatakan, terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal pasal 112 ayat (1) Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Sebab, pada saat penangkapan terdakwa menyimpan dan menguasai narkotika jenis shabu atau narkoba golongan I bukan jenis tanaman,” ujar Sarudi di hadapan Bambang saat membacakan putusan kemarin.

Dengan pertimbangan tersebut, Hakim memutuskan, Bambang divonis hukuman enam tahun enam bulan penjara. Selain itu, Bambang itu juga dikenakan denda sebesar Rp 800 juta, atau Subsider lima kurungan. Selain itu, soal barang bukti yang diamankan narkoba sebanyak 15 gie dengan berat kurang lebih empat setengah gram dirampas dan dimusnahkan.

“Hal-hal yang memberatkan, terdakwa tidak mendukung program pemerintah yang sedang giat giatnya dalam pemberantasan tindak pidana narkotika. Dan hal-hal yang meringankan, terdakwa mengakui semua kesalahannya,” katanya.

Hukuman enam tahun enam bulan penjara dinilai cukup buat Bambang. Sebab, sebelumnya Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Tanjungpandan menutut terdakwa dengan hukuman penjara delapan tahun enam bulan.

Menanggapi putusan majelis hakim, Bambang alias Boy mengaku pasrah dan memilih untuk menerima putusan Pak Hakim ini. “Saya pilih menerima hukuman ini,” ujar Bambang dengan nada tegas. (kin)