BPJ: Bimtek Industri Kecil Menengah untuk Tunjang Pariwisata Belitung

by -
BPJ Buka Bimtek Industri Kecil Menengah di Belitung

belitongekspres.co.id, SIJUK – Anggota DPR RI Bambang Patijaya (BPJ) memukul gong tanda dibukanya kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pertumbuhan dan pengembangan Wirausaha Baru Industri Kecil Menengah (IKM) di Pulau Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Direktur IKM Kimia Sandang Kerajinan Industri Aneka Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (RI) E Ratna Utari Ningrum, bertempat di Hotel Swiss-bellresort Tanjung Binga Kecamatan Sijuk, Belitung.

Menurut Bambang Patijaya kegiatan seperti ini harusnya bermanfaat, karena dalam rangka meningkatkan kualitas UMKM. “Ini sangat penting dalam menunjang perkembangan pariwisata di Belitung ini,” kata BPJ saat ditemui Belitong Ekspres, Selasa (18/02) kemarin.

Bambang menyebutkan yang diperlukan oleh Belitung yaitu adanya oleh-oleh yang enak dan cinderamata yang berkualitas. Dirinya ingin memberdayakan barang yang sudah ada agar menjadi lebih baik. Seperti Batok kelapa yang merupakan limbah, tetapi tidak semua orang punya kemampuan untuk mengolahnya menjadi cinderamata.

“Kita ingin kembangkan jadi lebih banyak masyarakat, pelaku UMKM yang bisa memproduksi cinderamata yang berkualitas, murah menarik,” jelas politisi Partai Golkar itu.

Selain pelatihan pengolahan batok kelapa, juga ada pelatihan pembuatan dodol untuk menjadikan produksi dodol di Belitung semakin baik dan menarik. “Dodol yang enak itu seperti apa, biar jangan ada 10 dodol dan 10 macam rasa, tapi semuanya standar. nah ini dodol Belitung, kemasannya kita ajarkan yang menarik seperti apa,” terangnya.

Tujuannya Bimtek ini untuk meningkatkan dan menunjang perkembang pariwisata yang ada di Belitung. Kegiatan ini merupakan kegiatan kementrian, yang dirinya tujukan ke Bangka Belitung. Karena kata BPJ, kementrian Perindustrian tidak pernah bikin kegiatan program itu di Bangka Belitung “Saya bawa 6 pelatihan, 4 saya letakkan di Bangka dan 2 saya letakkan di Belitung dan semuanya bebas biaya,” tukasnya. (dod)

Editor: Yudiansyah