BPMPD Himbau Desa Selesaikan LKPj dan LPPD Per April

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

MANGGAR – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menghimbau seluruh Desa, segera menyelesaikan Laporan Keuangan dan Pertanggungjawaban (LKPj) dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) tahun anggaran 2014. Kewajiban tersebut, harus selesai dalam waktu tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir atau April 2015.
“Kami (BPMPD) sudah berkirim surat ke seluruh Desa agar mereka segera menyelesaikan LKPj dan LPPD,” ungkap Ikhwan Fahrozi, Kepala BPMPD Beltim, Senin (6/4) kemarin.
Menurut Ikhwan, LKPj dan LPPD yang telah disusun pemerintah Desa harus diparipurnakan di Desa bersama BPD. Hal ini penting dilakukan sebagai evaluasi penyusunan anggaran tahun berikutnya.
“LKPj itu berisi penggunaan dan pengelolaan keuangan Desa selama satu tahun anggaran, sedangkan LPPD berisi pembangunan yang telah dicapai selama tahun anggaran. LKPj lebih kepada penyerapan anggaran dan lain-lain, sedangkan LPPD contohnya, tahun ini berhasil membangun gedung ini, pembangunan ini dan lain-lain,” jelas Ikhwan.
Ikhwan menjelaskan, hasil LKPj dan LPPD yang diparipurnakan harus diikuti dengan Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (IPPD) dan ditembuskan ke Pemerintah daerah melalui BPMPD.
“IPPD ini harus diumumkan keseluruh masyarakat, baik melalui media cetak, elektronik maupun papan pengumuman di Desa. Diantaranya memuat, penyerapan anggaran dan pembangunan yang telah dilaksanakan,” ujar Ikhwan.

Baca Juga:  Pasangan Asal Beltim Kepergok di Penginapan

Baca Juga:  Dinas Perkim Usulkan Perbaikan 373 RTLH, Anggaran Sebesar Rp 6,53 miliar

Dikatakan Ikhwan, bagi Desa yang belum menyelesaikan LKPj dan LPPD dapat mengganggu pencairan dana desa. Sebab itu, batas akhir bulan April 2015, harus dipatuhi seluruh Desa agar tidak menghambat pembangunan.
“Penyampaian LKPj dan LPPD adalah wajib. Harus selesai bulan April ini, karena sesuai aturan selambat-lambatnya harus disampaikan dalam waktu tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir,” tandasnya. (feb)

Tags:
author

Author: