Briptu EK Jalani Sidang Disiplin

by -
Wakapolres Beltim, Kompol Dadang Kurniawan, memimpin kegiatan sidang disiplin anggota Polri yang melakukan pelanggaran.
Wakapolres Beltim, Kompol Dadang Kurniawan, memimpin kegiatan sidang disiplin anggota Polri yang melakukan pelanggaran.

*Terbukti Melakukan Pelanggaran untuk kedua Kalinya

MANGGAR – Kapolres Belitung Timur (Beltim), AKBP.Nugrah Trihadi S.ik, melalui Wakpolres Beltim, Kompol Dadang Kurniawan, memimpin sidang disiplin terhadap anggota Polri Polres Beltim, yang terbukti melakukan pelanggaran.

Sidang tersebut dilaksanakan di ruang Aula Mapolres Beltim, Kamis (28/4) kemarin, yang dihadiri oleh Wakil pimpinan sidang, anggota sidang, dan penuntun serta dua orang saksi. Anggota yang tersidang adalah Briptu EK yang sebelumnya berdinas di salah satu satuan di Polres Beltim.

Dari pantauan harian ini, sidang sempat diskore beberapa menit karena dilakukan pertimbangan pertimbangan yang dilakukan oleh anggota sidang dan penuntut. Tersidang Briptu EK melanggar peraturan kedinasan, yang tidak mentaati segala peraturan kedinasan yang berlaku serta menghindari tanggung jawab dinas.

“Kesemuanya terbukti melanggar peraturan pemerintah, berupa tidak mentaati segala peraturan perundang undangan dan peraturan kedinasan yang berlaku serta menghindari tanggung jawab dinas,” ungkap Wakapolres Beltim, Kompol Dadang Kurniawan.

Wakapolres Beltim, menambahkan, personil tersidang, juga sebelumnya juga pernah melakukan pelanggaran yang sama. Maka dari itu, ini merupakan yang kedua kalinya. Anggota (Tersidang, red) juga sebelumnya sudah dan terus diingatkan dan dipanggil namun tidak menghiraukan. Hingga akhirnya disidangkan.

“Berdasarkan fakta dan pembuktian yang dikumpulkan maka anggota tersidang akan diberikan sanksi. Untuk itulah kiranya semua jajaran anggota Polri jangan pernah mengabaikan setiap tugas yang diberikan,” tegas Wakapolres.

Ini dilakukan karena keseriusan Bidang Propam Polres Beltim untuk menindak anggota Polisi yang melakukan pelanggaran disiplin, kode etik maupun desersi.

Wakapolres menegaskan, pihaknya tak akan pandang bulu untuk menindak tegas setiap anggota yang melanggar aturan Polri.

Bahkan ia mengatakan, kasus sekecil apapun seperti anggota meninggalkan tugas tanpa pemberitahuan kepada pimpinan dan keterangan satuan dan wilayah, maka hal tersebut menjadi kasus yang siap ditangani Propam untuk diproses lebih lanjut sesuai aturan Polri.

Dari hasil sidang disiplin tersebut, anggota tersidang Briptu EK, dijatuhi hukuman berupa penempatan pada tempat khusus dan mutasi yang bersifat demosi. (feb)