Buah Durian Mulai Melimpah

by -

TANJUNGPANDAN-Salah satu buah yang paling banyak digemari masyarakat buah durian, kini mulai banyak dijumpai di jalan-jalan protokol Tanjungpandan. Buah yang memiliki rasa yang nikmat ini dijual dengan harga yang terjangkau, meskipun belum memasuki puncak panem buah durian.

Harga yang ditawarkan pedagang buah durian relatif terjangkau mulai dari. Rp 10 ribu per buah hingga Rp 40 per buah. ”Tergantung besar dan kecilnya ukuran buah durian. Buah durian tersebut didatangkan dari sejumlah daerah yang ada di Belitung” ungkap yadi salah seorang pedagang pada BE Jumat {20/11} kemarin di jalan Sriwijaya.

Ia menerangkan, biasanya buah durian ini, berasal dari beberapa tempat mulai dari Tanjung Binga, Membalong, Selat Nasik dan Badau. ”Hampir setiap tahun saya berjualan di Jalan Sriwijaya ini, pelangganpun sudah banyak yang kenal saya,” ujar lelaki berusa 43 Tahun ini.

Lebih jauh yadi mengatakan Buah Durian ini akan memasuki masa panen biasanya bulan Januari hingga Februari. Namun, pedagang yang berjualan buah durian mulai  ramai berdagang semenjak seminggu ini.

“Durian yang saya jual mulai dari Rp 10 ribu per buah, untuk ukuran kecil, untuk buah durian ukuran sedang Rp 15 ribu per buah kalau beli dua Rp 25 ribu, sedangkan yang berukuran besar Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu per buah,’’ ujarnya berpromosi.

Menurut Yadi, cara memilih buah durian matang pohon dengan mencium baunya, kalau bau buahnya harum biasa sudah matang, atau melihat tangkai buahnya . “Biasanya kami berjualan dari pukul 15.00 siang sampai 23.00 malam hari, pagi berjualan di pasar. Pembeli lebih suka makan di tepat ketimbang di bawa pulang, mungkin biar gampang nambah lagii atau sembari menikmati suasana keramaian di pinggir jalan,“ tukasya.(mg1)