BUMD Beltim Fokus Urusi Perdagangan dan Jasa

by -

MANGGAR– Direktur Utama (Dirut) PT Pembangunan Belitung Timur (PBT), Selamet menyatakan PT PBT akan memfokuskan kegiatan usahanya pada bidang perdagangan dan jasa. Dalam dalam waktu dekat ini, dirinya akan segera melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perdana PT PBT serta menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan administrasi.
Hal ini diungkapkannya seusai dilantik secara resmi oleh Bupati Beltim, Basuri T Purnama bersama dengan seluruh dewan komisaris dan dewan direksi PT PBT, Jum’at (4/9) Sore di Ruang Kerja Wakil Bupati Beltim.
Dipilihnya bidang usaha Perdagangan dan jasa dikarenakan, usaha ini sesuai dengan Anggaran Dasar perusahaan dan dianggap paling mudah serta menggunakan modal yang tidak terlalu besar. Mengingat, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten Beltim ini baru saja terbentuk dan hanya diberikan modal awal Rp 20 milyar.
“Kalau masalah kegaitan usaha di dalam anggaran dasar akta perusaahaan, sebenarnya banyak bidang yang bisa diusahakan, namun salah satu bidang yang paling mudah untuk kita bergerak adalah trading (perdagangan dan jasa). Kita akan membangun kemitraan dengan berbagai pihak seperti BUMDes, UMKM, BUMD-lainnya, perbankan, maupun swasta yang ada di Belitung Timur atau di daerah lain di Indonesia,” kata Selamet.
Untuk itu, Ia mengatakan akan menginventarisasi jenis-jenis produk dari UMKM dan BUMDes yang ada di Kabupaten Belitung Timur dan mencarikan pasarnya ke luar daerah.
“Pendirian BUMD inikan tidak semata-mata profit oriented. Tapi seperti yang diperintahkan undang-undang adalah untuk kesejahteraan masyarakat, menciptakan lapangan kerja, dan lain-lain. Makanya kita kerjasama dengan UMKM, tetapi tetap produknya harus berkualitas kontrol kita. Untuk marketnya kita juga yang akan cari,” ujarnya.
Mantan Komisaris Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Beltim ini juga menyatakan saat ini tengah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk mendirikan kantor dan merekrut pegawai BUMD.
“Tahap awal ini kita juga akan mencari kantor. Kemungkinan kita akan dipinjamkan ruangan atau bekas kantor yang dimiliki oleh Pemkab Beltim. Selain itu kita juga membutuhkan pegawai untuk membantu kita, seperti bendahara, sekretaris, office boy, dan lain sebagainya,” ungkapnya.
Saat ditanya apakah dengan modal awal Rp 20 Milyar, PT PBT akan sanggup untuk merintis usahanya, Selamet optimis. Ia berharap dalam kurun waktu 4 tahun ke depan perusahaan yang dipimpinnya akan memberikan keutungan bagi daerah dan kesejahteraan bagi masyarakat.
“Kalau ditanya cukup atau tidaknya apalagi untuk kegiatan usaha di segala bidang, saya katakan tidak cukup. Namun dengan modal yang ada akan kita dalam kurun waktu empat tahun ke depan ini, kita usahakan untuk membangun perusahaan ini supaya dapat memberikan kesejahteraan dan keuntungan bagi daerah,” tutupnya. (humas)

Nama-Nama Dewan Komisaris dan Direksi
BUMD PT Pembangunan Belitung Timur

No    Nama    Jabatan    Ket.
1    Zarkani Mukri     Ketua Dewan Komisaris     Perwakilan Koperasi
2    Talafuddin     Komisaris Utama    Perwakilan Pemkab Beltim
3    Selamet     Direktur Utama     Seleksi Dewan Direksi
4    Dodi Garninto    Direktur Keuangan      Seleksi Dewan Direksi
5    Hari Murtodo    Direktur Umum    Seleksi Dewan Direksi