Bunuh Orang, Acung Dituntut 12 Tahun Penjara

by -
Ilustrasi

TANJUNGPANDAN-Meski Ahmad Kiki alias Acung memohon kepada Jaksa Penuntut Umum, agar diringankan tuntutannya, namun jaksa tetap pada pendiriannya menuntut pelaku kasus pembunuhan Maryadi alias Yadi Penjara 12 tahun.

Sidang yang mengagendakan Pledoi (Tanggapan) dari Terdakwa ini, digelar di Pengadilan Negeri Belitung, Kamis (5/1) lalu. Dalam persidangan ini, dipimpin Hakim Ketua Harto Pancono, didampinggi Hakim Anggota Mahendra dan Saeful Imam.

Dalam tuntukan ini, Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Belitung menjerat Terdakwa Acung dengan Pasal 338 Tentang Pembunuhan, yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang.

Dihadapan Majelis Hakim dan JPU Kejaksaan Negeri Belitung Hasbullah, Acung mengatakan, dia meminta kepada jaksa agar diringan tuntutannya. Sebab, tuntutan 12 tahun sangat berat Ahmad Kiki alias Acung ini.

Apalagi, dia memiliki sejumlah istri dan beberapa anak yang harus dihidupi. Sebab, Acung merupakan tulang punggung keluarga. Lebih lagi, ada beberapa anaknya yang masih sekolah, sehingga membutuhkan biaya.

Menanggapi permohonan itu, Jaksa Hasbullah, tetap pada pendiriannya. Menurutnya, tuntutan 12 tahun sangatlah tepat. Sebab, pelaku sudah mengilangkan nyawa seseorang dengan cara yang cukup keji.

“Tindakan yang dilakukan oleh Acung sangat merugikan. Dia menghilangkan nyawa seseorang, lebih lagi keluarga korban belum memaafkan. Kecuali, istri korban,” ujar Jaksa Bulloh, kepada Belitong Ekspres, Jumat (6/1) kemarin.

“Hal-hal yang meringankan, pelaku memiliki keluarga. Selain itu, hal yang meringankan lagi, dia (Acung,red) bersikap sopan saat persidangan, dan mengakui semua perbuatan yang telah ia lakukan,” tandasnya.

(kin)