BUP Tanjung Batu Belum (Juga) Operasi

by -

*Dishub : Izin dari Kementrian Belum Keluar

foto tengah 1- foto B pelabuhan tj batu
Pelabuhan Tanjung Batu.

TANJUNGPANDAN-Harapan pemerintah daerah dan masyarakat tentang operasi Pelabuhan Tanjung Batu yang diresmikan Presiden Jokowi tahun lalu, nampaknya harus dipendam untuk beberapa waktu. Sebab, sampai sekarang Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT. Pelabuhan Tanjong Batu Belitong Indonesia, belum mendapat izin dari Kementerian Perhubungan RI. Padahal, Bupati telah mengangkat dewan direksi BUP ini pada Desember, tahun 2015 lalu.

Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika  (DishubKominfo) Kabupaten Belitung, Ayi Thamrin mengatakan, DishubKominfo belum mendapatkan Izin Badan Usaha Pelabuhan (BUP) dari Kementrian Perhubungan. Sebab, ada sejumlah syarat yang masih harus dipenuhi.

Kepada Belitung Ekspres Ayi menjelaskan, untuk mendapat perizinan dari Kementerian Perhubungan RI, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya pendapatan dengan angka yang besar. “Salah satu syaratnya pihak UPTD (Unit Pelaksanaan Teknis Daerah-Red) harus mendapatkan Pemasukan sebanyak Rp 250 miliar. Jadi nanti seimbang atau tidak dengan apa yang sudah kita keluarkan untuk mereka (pengguna jasa pelabuhan, Red),”  kata Ayi yang juga Komisaris Utama BUP ini.

Untuk pengawasan, Ayie mengatakan, pihaknya tidak sendirian, tetapi besama dengan pihak lain yang terkiat. “Kemaren (Beberapa waktu lalu- Red), Kami  (DishubKominfo-Red) sudah berbicara dengan Kapolres Belitung untuk bekerja sama dalam pengawasan kegiatan yang berada Tanjung Batu. Bila mana ada yang melanggar, maka kami akan lakukan tindakan secara hukum,” katanya.

Selain itu, Ayi juga menyampaikan, untuk sekarang ini ada masalah baru, yaitu pengunduran diri Eks Direktur PT Pelabuhan Tanjung Batu Belitung. “Untuk sekarang, Direktur Utama PT Pelabuhan Tanjung Batu sudah mengundurkan diri. Alasannya Tidak ada kecocokan gaji yang kita berikan. Sesuai Intruksi dari Bupati Bupati Belitung, Daerah hanya sanggup membayar sebesar Rp 15 Juta per Bulan,’’ kata Ayi membeberkan.

Ketika ditanya Harian Umum Belitung Ekspres, apakah waktu pemilihan kepupengurusan PT Pelabuhan Tanjung Batu Belitung ada titipan jabatan, Kepala DishubKominfo dengan tegas membantahnya,
“Jadi gini, waktu itu kita tetap mengadakan penyeleksian secara bersama dan kebetulan beliau  (Eks Direktur Utama-Red) yang terpilih. Visi dan Misi Beliau sangat bagus terutama untuk mengembangkan daerahnya sendiri. Itulah salah satu alasan kita memilihnya, jadi tidak benar jika ada titipan nama, dan buktinya sekarang beliau  (Eks Direktur Utama-Red) mengundurkan diri,” tandasnya. (mg2).