Bupati Bateng Ajak Warga Lakukan Pembibitan Ikan

by -

KOBA – Bupati Bangka Tengah (Bateng), Erzaldi Rosman mengajak warga untuk beralih melakukan pembibitan ikan air tawar untuk mengembangkan usaha perikanan budidaya.
“Untuk merintis awal saya pikir tidak masalah bibitnya dibantu dari pemerintah, tetapi untuk selanjutnya para pembudidaya harus melakukan pembibitan sendiri,” katanya, Senin (24/8).
Ia menjelaskan, selama ini selalu ada kebiasaan ketika melakukan panen ikan budidaya maka para pembudidaya lupa melakukan pembibitan, sehingga pada akhirnya selalu kesulitan mendapatkan bibit. “Sehingga pada akhirnya mereka selalu meminta bibit baru kepada pemerintah daerah. Tentu ini bukan cara yang baik untuk menciptakan kemandirian dalam diri para pembudidaya ikan aor tawar,” ujar bupati.
Menurut Erzaldi, jika para pembudidaya ikan air tawar ingin cepat berkembang maka kebiasaan dan ketergantungan terhadap bantuan pemerintah daerah harus dapat dihilangkan. “Sebenarnya pemerintah daerah membantu saat merintis usaha saja dalam bentuk stimulan saja dan selanjutnya mereka harus berkembang dan mandiri,” ujarnya.
Ia menambahkan, pemerintah daerah mendorong masyarakat untuk mengembangkan usaha perikanan dengan harapan bisa menjadi sektor andalan mereka untuk menopang perekonomian keluarga. “Dorongan dari pemerintah tentu dalam bentuk stimulan, seterus diharapkan mereka lebih giat, kreatif dan berinovatif dalam mengembangkan usahanya,” ujarnya.
Bupati juga mengatakan, potensi rumput laut di daerah itu juga sangat menjanjikan jika dikembangkan dan dikelola secara serius. “Banyak titik di laut Bateng ini yang bisa dijadikan tempat pengembangan rumput laut,” ujarnya.(ant/rb)