Bupati Belitung Kunker ke Malang, Minta Dukungan Pembangunan Monumen H.AS Hanandjoedin

by -
Bupati Belitung Kunker ke Malang, Minta Dukungan Pembangunan Monumen H.AS Hanandjoedin

belitongekspres.co.id, MALANG – Bupati Belitung Sahani Saleh, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung MZ. Hendra Caya, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Malang terkait pembangunan monumen H. AS. Hanandjoeddin di Kabupaten Malang, Selasa (07/01/2020).

Pembangunan monumen ini merupakan salah satu syarat untuk terpilihnya H. AS. Hanandjoeddin sebagai Pahlawan Nasional. Dalam sambutannya Bupati Belitung Sahani Saleh, mengatakan, ini tahun kedua bagi Pemkab Belitung mengusulkan H. AS Hanandjoeddin sebagai Pahlawan Nasional dari Belitung.

“Kami khusus datang ke Kabupaten Malang untuk meminta dukungan terhadap rencana tersebut dengan cara memberikan kami ruang membangun monumen perjuangan Hanandjoeddin di Malang. Karena ini salah satu syarat yang harus kita penuhi yaitu membangun monumen Hanandjoedin di daerah yang dulu menjadi tempat perjuangan Hanandjoeddin,” kata Sahani Saleh.

Sosok Hanandjoeddin sendiri dikenal sebagai pejuang kemerdekaan dan menjadi salah pencetus terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Angkatan Udara. “Beliau ini lama bertugas di Pangkalan TNI AU di Bugis ini (Abdulrahman Saleh) Malang dan menjadi Komandan Teknik di Bugis dan berhasil memperbaiki sekitar 30 pesawat rampasan dari Jepang dan diserahkan ke lapangan Adi Sucipto Yogyakarta,” terangnya.

Lebih lanjut, kata dia untuk meloloskan usulan pengangkatan Hanandjoeddin menjadi Pahlawan Nasional, Pemerintah Kabupaten Belitung berencana untuk membangun monumen di kecamatan Tumpang. “Kita sudah siapkan anggaran untuk membangunnya, meski demikian kami minta support Pemkab Malang untuk dapat merealisasikan keinginan kami,” terangnya.

Bupati Malang Siap Mendukung

Sementara itu, Bupati Malang, Sanusi, dalam sambutan selamat datangnya menyatakan dukungannya terhadap rencana Pemkab Belitung untuk menjadikan H. AS Hanandjoeddin menjadi Pahlawan Nasional. Yakni, dengan mempersilahkan untuk membuat monumen Pahlawan Nasional H. AS. Hanandjoeddin di Malang.

“Kita akan bantu Pemkab Belitung. Meski begitu kita menyarankan untuk dibangun di Pangkalan udara Abdulrahman Saleh, karena disanakan bukti sejarah perjuangan sosok Hanandjoeddin,” kata Sanusi.