Bupati Belitung Lantik 59 Kepala Sekolah TK, SD dan SMP

by -
Bupati Belitung Lantik 59 Kepala Sekolah TK, SD dan SMP
Pelantikan 59 kepala sekolah bertempat di Gedung Serbaguna Tanjungpandan, Kamis (9/7) kemarin.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Bupati Belitung H. Sahani Saleh melakukan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Kepala TK, SD dan SMP Negeri di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung. Pelantikan bertempat di Gedung Serbaguna Tanjungpandan, Kamis (9/7) kemarin.

Ada sebanyak 59 kepala sekolah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung yang dilantik. Terdiri dari Kepala sekolah tingkat SMP ada 12 orang, Kepala sekolah tingkat SD ada 45 orang serta Kepala sekolah tingkat TK ada 2 orang.

“Dengan ini resmi melantik saudara-saudara dalam jabatan yang baru, sebagai kepala TK, SD dan SMP Negeri di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung. Saya percaya bahwa saudara-saudara akan mampu menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawan yang diberikan,” kata Bupati Belitung.

Bupati Belitung berharap agar kepala sekolah yang baru dilantik ini, untuk memulai operasional sekolah pada ajaran baru nanti, agar mengacu pada Perbup 23 tahun 2020, yakni new normal pada bidang Pendidikan. “Harapanya, begitu mereka dilantik, untuk segera mempelari SOP Protol kesehatan dan melaksanakan itu,” katanya.

Bupati Belitung yang akrab disapa Sanem menyebutkan, mutasi dalam jabatan kepala sekolah tersebut, sebenarnya sudah lama dilaksanakan, namun terkendala wabah Covid-19. “Sudah sejak lama, sekitar bulan maret 2020 seharusnya, tapi sempat tertunda,” terangnya.

Menurut Sanem, pada tahun ajaran baru nanti tanggal 13 Juli 2020, baik TK, SD dan SMP di Kabupaten Belitung akan segera masuk sekolah, namun sesuai SOP Protokol Kesehatan yang sudah disosialisasikan dari pihak sekolah kepada orang tua siswa.

“Siswa dibagi-bagi masuk kelasnya, dan didalam kelas hanya 50 persen siswanya, dalam seminggu perkelasnya hanya 2 kali pertemuan,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung Junaidi mengatakan, pelantikan tersebut ada 59 orang Kepala Sekolah secara definitif, yakni Kepala TK, SD, SMP Negeri, sedangkan pelaksana tugas ( Plt) ada 24 orang.

“Plt tidak dilantik, hanya surat penugasan dari kepala dinas, karena meraka belum punya nomer unit kepala sekolah ( NUKS), itu harus diklat yang dilaksanakan LPPKS,” kata Junaidi.

Dikatakan Junaidi, sebanyak 24 Plt kepala sekolah itu, ada TK, SD dan SMP. Kemudian untuk 59 kepala sekolah yang definitif, hanya ada 1 orang yang promosi sedangkan lainnya mutasi. “Kita berharap, kepala sekolah harus merubah wajah sekolah, wajah sekolah bukan hanya dari depan, tapi dalam keseluruhannya,” harapnya.

Maka dari itu, Junaidi berharap dalam waktu 3 bulan, kepala sekolah yang baru ini ada perubahan, baik dari penampilan sekolah maupun administrasi sekolah terutama administrasi keuangan.

“Tadi sudah diarahkan Pak Bupati, terutama administrasi keuangan, karena kita di Dinas terutama SD kekurangan SDM, kadang-kadang kepala sekolah yang merangkap, oleh sebab itu ketika ada masalah segera berkoprdinasi dengan dinas untuk belajar dengan orang yang pandai,” tuturnya.

Kemudian, dirinya berpesan agar melengkapi persiapan pemberlajaran di era ” new normal”, karena tinggal beberapa hari masuk tahun ajaran baru. “Sambil jalan mulai mengajak kawan di sekolah menerapkan SOP Protokol kesehatan, dan pembenahan segala macamnya,” pungkasnya. (dod)

Editor: Yudiansyah