Bupati Belitung Paparkan 10 Bidang SOP New Normal

by -
Bupati Belitung Paparkan 10 Bidang SOP New Normal
Pemaparan dilakukan di hadapan 25 orang anggota DPRD Kabupaten Belitung, Kamis (18/6).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) memaparkan Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang pedoman tatanan new normal di DPRD Kabupaten Belitung. Pemaparan dilakukan di hadapan 25 orang anggota DPRD Kabupaten Belitung, Kamis (18/6).

Ada 10 bidang SOP new normal yang dipaparkan. Yaitu bidang kedinasan dan tempat bekerja bagi aparatur sipil negara, bidang layanan kesehatan, bidang layanan pendidikan dan kebudayaan, bidang kegiatan kemasyarakatan dan penyelenggaraan acara, bidang usaha/pusat keramaian (pasar dan pertokoan).

Selanjutnya bidang pariwisata, bidang transportasi publik, bidang pemerintahan Desa, bidang layanan investasi, dan bidang kepemudaan dan olahraga. “Hari ini kita sosialisasikan ke DPRD lah terkait 10 SOP New normal ini,” kata Sahani Saleh kepada Belitong Ekspres.

Dijelaskannya, 10 Bidang SOP new normal baru diatas, rencananya akan dijadikan Peraturan Bupati Belitung nomor 23 tahun 2020 tentang pedoman tatanan new normal baru produktif dan aman dalam masa pandemi Virus Corona  di Kabupaten Belitung.

Menurut bupati yang karib disapa Sanem, SOP tersebut akan segera disampaikan ke Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Belitung. Baik ke tingkat camat, desa, para relawan untuk turut serta mensosialisasikan SOP tersebut. “Itu berjenjang, secara birokrasi, hari ini di DPRD, Senin para Camat dan Kades untuk pemberian materi, jadi semuanya jalan terus,” jelasnya.

Kata Sanem, tanggal 30 juni semua sosialisasi terkait SOP tersebut selesai dilaksanakan, sehingga tanggal 1 Juli bisa dilaunching new normal. “Walaupun sekarang sudah ada yang buka, tetapi kalah sudah mengikuti protokol kesehatan, ya silahkan lah buka, tetapi kita akan cek itu,” jelasnya.

Ada beberapa tempat yang harus menunggu SOP Protokol kesehatan, terutama tempat wisata, karena harus disterilkan terlebih dahulu, seperti Pantai Tanjungpendam, Gusong Bugis, Bukit Peramun dan lainnya, selama pandemi tidak dibuka.

“Gitu juga Sektor Pendidikan, sebelum 1 Juli 2020 jangan ada aktivitas murid, tapi guru masuk mensterilkan sekolah, karena selama beberapa bulan ini sekolah sempat libur,” tukas Sanem.

Kemudian, mengenai tempat ibadahpun demikian akan berkoordinasi dengam Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB). “Kita kabupaten akan turun,misalnya FKUB mengundang pengurus mesjid, kita akan hadir dan sosialiasikan SOP itu,” terangnya.

Maka dari itu, kata Bupati atas usulan DPRD hari ini, yaitu bidang kegiatan kemasyarakatan dan penyelenggaraan acara akan ditambah dengan peribadatan. “Jadi nanti bidang kemasrakatan, peribadatan, dan penyelenggara acara,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Belitung Ansori mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung untuk penerapan standar operasional prosedur (SOP).

Kata Ansori, SOP protokol kesehatan covid-19 tersebut harus mulai di sosialisasikan kepada masyarakat. “Kita akan terus melihat kebawah sosialisasi dan penerapan SOP New Normal ini,” katanya.

Selanjutnya kata Ansori, dari 10 SOP yang dipaparkan oleh Bupati Belitung tersebut, ada yang perlu ditambahkan atau diperjelas mengenai keagamaan atau ibadah. “Kami evaluasi, keagamaan itu wajib dimasukkan, dan pihak pemkab akan segera revisi,” terangnya.

Dalam pelaksanaan new normal nanti, tambah Ansori beberapa aspek harus diperhatikan, seperti ketika di masjid harus menggunakan masker, apakah ada ketersedian masker di masjid, jikalau masyarakat lupa membawa. “Nah, itu harus kita koordinasikan, komunikasikan antara Pemda dan masyarakat, antisipasinya harus disiapkan,” terangnya.

Terkait pengawasan yang akan dilakukan oleh DPRD Belitung, yakni Pada bulan Juli nanti, akan melakukan reses untuk mengawasi dan memantau penerapan new normal tersebut. “Kita awasi dan kita pantau sejauh mana penerapan new normal ini masyarakat, di Desa, Kecamatan,” pungkasnya. (dod)

Editor: Yudiansyah