Bupati Belitung Resmikan Gedung Pelatihan Desa APJ

by -
Bupati Belitung Resmikan Gedung Pelatihan Desa APJ
Peresmian ditandai pemotongan pita oleh Bupati Belitung H Sahani Saleh didampingi Danramil 414-01 Tanjungpandan Mayor Frengki dan Kepala Desa APJ Rezali.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Bupati Belitung H Sahani Saleh meresmikan Gedung Pelatihan Desa Air Pelempang Jaya (APJ), Kecamatan Tanjungpandan Belitung, Selasa (26/01) kemarin. Gedung tersebut beralamat jalan Air Baik Dalam RT 002 RW 001.

Peresmian ditandai pemotongan pita, penandatangan prasasti serta pemotongan tumpeng oleh Bupati Belitung H Sahani Saleh didampingi Danramil 414-01 Tanjungpandan Mayor Frengki dan Kepala Desa APJ Rezali.

“Ini inovasi suatu desa untuk memotivasi, mendidik masyarakat membentuk skill (keterampilan) SDM mereka. Sehingga tidak hanya memberikan bantuan, tetapi ada pembinaan atau pelatihan dari berbagai sektor,” kata Bupati Belitung kepada Belitong Ekspres.

Menurutnya, gedung ini merupakan langkah bentuk penguatan SDM untuk berbagai sektor, seperti perekonomian, bakat minat, olahraga dan seni budaya dan lainnya. “Kita berikan apresiasi, sehingga di sini benar-benar masyarakat terbina dan dengan adanya gedung ini salah satu untuk pembinaan mereka,” jelas bupati yang karib disapa Sanem.

Kata Sanem, pengelola gedung itu juga akan melibatkan masyarakat desa, yakni Bumdes. Dengan demikian mereka bisa bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) dan OPD terkait dalam hal pembinaan baik materi maupun praktek nantinya. “Jadi ini sebagai mediator lah, sebagai pusat pelatihan atau pembinaan lah di sini,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Air Pelempang Jaya Rezali mengatakan, gedung itu bersumber dari Dana Desa dan Alokasi Dana Desa ( ADD) tahun 2020. Gedung pelatihan itu menempati tanah desa sekitar 8000 meter persegi di samping kantor PKK. “Gedung ini luasnya 10x 20 meter dan anggarannya sekitar Rp 600 jutaan,” katanya.

Dirinya juga berterimah kasih kepada semua pihak, karena bangunan ini bisa selesai tepat pada waktunya. Gedung itu lanjutnya, bisa dimanfaatkan masyarakat Air Pelempang Jaya, digunakan untuk berbagai macam kegiatan aktivitas masyarakat, seperti olahraga dan lainnya.

“Kita fasilitasi ada lapangan badminton, ada lapangan pimpong, kegiatan kesenian rebana, marawis, hadra. Jadi gedung ini merupakan pusat terpadu untuk kegiatan masyarakat di desa Air Pelempang Jaya,” bebernya.

Rezali menyebutkan gedung itu intinya dipergunakan untuk masyarakat, sehingga aktif setiap harinya dan akan terjadwal tentunya. “Pernikahan boleh nanti dan multifungsi, dan gedung ini dikelola oleh Bumdes nantinya,” tandasnya. (dod)