Bupati Belitung Serahkan Bantuan 40 Paket Sembako Kepada Dua Desa

by -
Bupati Belitung Serahkan Bantuan 40 Paket Sembako Kepada Dua Desa
Bupati Belitung Sahani Saleh menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis.

belitongekspres.co.id, MEMBALONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kembali menyerahkan bantuan berupa 40 paket sembako untuk warga Desa Bantan dan warga Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong. Bantuan itu diserahkan oleh Bupati Belitung, Sahani Saleh, Senin (27/04).

Pj Kades Bantan, Edy Siswaya menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Dia berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat, khusunya masyarakat yang terkena dampak virus Corona atau Covid-19 di desanya.

“Kami laporkan pula bahwa masyarakat yang menerima bantuan ini adalah kaum lansia dan janda. Yang mana mereka bukan termasuk penerima bantuan program Pemerintah Pusat maupun Daerah, seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Program Keluarga Harapan (PKH), namun layak untuk diberikan bantuan,” terangnya.

Sementara Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, kedatangan mereka (Pemkab) dalam rangka silaturahmi dan sekaligus untuk memberikan santuan berupa bantuan sembako. Mengingat saat ini, bertepatan pula dengan bulan suci Ramadan sesama muslim diharus untuk saling bersedekah.

“Dunia saat ini masih dalam kondisi bencana yang menyebabkan berbagai dampak pada kehidupan, termasuk di Kabupaten Belitung akibat adanya wabah virus Corona atau Covid-19,” kata pria yang karib disapa Sanem ini.

Virus ini, sepengetahuan dirinya, menyebar melalui hubungan antara manusia, melalui sentuhan dengan sesama menusia. “Salah satu upaya menekan penyebarannya, adalah agar kita jangan saling berdekatan dan bersentuhan dengan orang asing atau orang yang baru masuk ke Belitung,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengingatkan, jika mulai merasa ada gejala-gejala yang mengarah pada batuk atau sesak agar waspada dan selalu hati-hati. “Saya himbau kepada masyarakat agar dapat mematuhi anjuran yang ditetapkan pemerintah. Di antaranya, harus pakai masker saat keluar rumah, jangan saling berdekatan, hindari berkerumun,” tukasnya.

“Mudah mudahan, di Kecamatan Membalong ini jangan sampai ada yang terindikasi. Karera basis yang sudah terindikasi sudah ada di Kecamatan Tanjungpandan,” imbuh Sanem.

Kemudian kata Sanem juga menghimbau agar masyarakat berhati-hati dan terus menjaga diri masing-masing dengan menerapkan anjuran Pemerintah terkait Protokol Kesehatan.

“Untuk ibadah di bulan Ramadan jika mamang harus terawih di mesjid atau musola, agar dapat mengikuti standar SOP dari dinas kesehatan atau aturan protokol kesehatan. Seperti halnya pakai masker, membawa perlengkapan alat salat dari rumah. Upaya pencegahan corona ini, kita harus saling menjaga dan berkerjasama,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Belitung dalam menyerahkan bantuan sembako, yakni, Kepala BPBD Katupaten Belitung, Henry Suzanto, Camat Membalong, Oscar Prima, Kabag Protokol dan Komunikasi Sekda Kabupaten Belitung, Dr Zakina, Kades dan perangkat desa terkait tokoh masyarakat desa setempat dan undangan lainnya. (dod)

Editor: Yudiansyah